Sukses

5 Cara Sederhana Mengatasi Pikiran yang Stuck dan Menemukan Tujuan

Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu malah sulit diajak untuk berpikir. Jangankan untuk berpikir hal berat, berpikir hal yang ringan saja kamu bisa saja kesulitan.

 

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah rasa stuck atau terjebak dalam hidup. Baik dalam pekerjaan, hubungan atau menentukan tujuan selanjutnya. Merasa stuck adalah hal yang umum dan kebanyakan orang akan pernah merasakan itu pada beberapa titik waktu.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi penyebab atau akar masalahnya. Apakah kamu kurang istirahat sehingga tidak bisa konsentrasi? Terlambat sarapan? Atau bahkan terus-terusan bekerja tanpa menikmati hari libur?

 

Apapun penyebab yang membuat pikiran kamu menjadi stuck, setidaknya ada lima cara sederhana untuk mengatasi dan membantu kamu menemukan kembali tujuan.

1. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi pikiran stuck saat bekerja. Siasati waktu yang kamu miliki untuk beristirahat yang cukup. Jika sudah melewati jam kerja, tutup segera laptop dan lanjutkan lagi pekerjaan keesokan harinya agar mood kamu kembali baik.

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Dengan adanya aplikasi pesan makanan online tentu memudahkan kamu untuk menikmati jajanan kesukaan. Namun selama bekerja dari rumah, kamu harus mulai memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebab jajanan yang kurang bergizi dan bernutrisi akan mempengaruhi kesehatan kamu.

Tubuh yang kurang sehat tentu akan berdampak pada kualitas kinerja sehingga tak jarang kamu akan merasa kesulitan menyelesaikan pekerjaan. Mulailah ganti makanan yang kurang sehat dengan buah-buahan dan sayuran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Quality Time Bersama Keluarga

Cara lain yang bisa kamu lakukan saat sedang stuck bekerja adalah dengan mengobrol bersama keluarga atau kerabat dekat. Tak perlu topik seputar pekerjaan, bicarakanlah sesuatu yang menyenangkan, misalnya rencana liburan, rencana masa depan, nostalgia masa kecil, hingga hal-hal yang lucu. Tanpa sadar, beban pikiran kamu pun akan sedikit teratasi sehingga bisa kembali meneruskan pekerjaan dengan pikiran lebih segar.

4. Self Care

Alternatif lain yang bisa membuat mood kamu bekerja kembali lagi yaitu dengan melakukan self care atau perawatan diri. Nggak perlu mahal dan ribet. Cukup lakukan apa yang disuka, misalnya dengan merawat tubuh. Saat pikiran dilanda stres, cobalah mandi atau berendam di air hangat. Gunakan produk-produk yang akan membuat kamu lebih segar, misalnya sabun dan shampo dengan formula dan wangi yang harum.

3 dari 3 halaman

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik memberikan banyak manfaat, mulai dari membantu menghilangkan stres dan meningkatkan mood, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, dan memotivasi. Dengan menyetel beberapa lagu kesukaan, bisa membantu kamu lebih memusatkan perhatian pada pekerjaan dan menyelesaikannya dengan sukses.

Untuk beberapa pekerja, stuck memang merupakan hal yang sangat sulit untuk dihilangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai menerapkan beberapa hal di atas untuk menghilangkan kondisi stuck saat WFH. Karena bagaimanapun juga jika dibiarkan bisa membawa banyak dampak negatif untuk tubuh.

 

(*/Akb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.