Sukses

Dengarkan 5 Lagu Ini untuk Bantu Kamu Berdamai dengan Diri Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti pernah berada pada fase benci pada diri sendiri. Fase ketika kamu benci terhadap apapun yang terjadi dan tidak bisa menerimanya. Namun, terlalu menyalahkan diri sendiri bisa berdampak negatif dan membuat stres. 

Maka dari itu, kamu perlu berdamai dengan diri sendiri, menerima semua hal yang terjadi dalam hidup, baik luka fisik maupun psikologis. Kedengarannya memang tidak mudah, tetapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencapai itu, salah satunya dengan mendengarkan musik.

Dikutip dari Klikdokter, mendengarkan musik dapat memperbaiki mood. Bila ditinjau dari sisi ilmiah, mendengarkan alunan melodi yang disukai dapat menunjang peningkatan pelepasan hormon dopamin di otak. Dopamin adalah hormon yang berperan dalam perasaan senang dan bahagia.

Dengan meningkatnya kadar dopamin di dalam tubuh, mood seseorang pun jadi ikut meningkat dan diharapkan menjadi pemicu untuk dapat menerima semua hal yang terjadi.

Selanjutnya, 5 rekomendasi lagu yang bisa bantu kamu berdamai dengan diri sendiri : 

1. Rehat - Kunto Aji

Lagu kelima dalam album Mantra-Mantra ini memiliki makna untuk istirahat sebentar di tengah hiruk pikuk pikiran dan batin. Melalui lagu ini, Kunto Aji ingin pendengarnya untuk mengingatkan diri sendiri untuk mencoba keluar dari zona nyaman untuk bisa melihat keadaan di luar sana.

Berhenti untuk menyalahkan dan mengutuk diri sendiri karena belum tentu semua ini salahmu. Menurut Kunto Aji, rehat juga tidak melulu bermakna “berhenti”, rehat juga bisa diartikan bahwa pikiran bisa memilih mana yang menjadi prioritas untuk diri sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Secukupnya - Hindia

Secukupnya ditulis langsung oleh Baskara Putra, atau sering dikenal dengan Hindia. Lagu yang berada dalam album Menari Dengan Bayangan ini menggambarkan kisah kehidupan manusia dalam menghadapi masalah hidup yang ada di dunia.

Hindia mengajak pendengarnya untuk sedih dan putus asa secukupnya. Kamu tak perlu memikirkan waktu yang akan datang karena masalah yang terjadi pasti akan selesai. Lagu ini sangat cocok didengarkan untuk bantu kamu tetap menjalani kehidupan dan berdamai dengan diri sendiri.

3. Tenang - Yura Yunita

Rekomendasi lagu selanjutnya adalah Tenang oleh Yura Yunita. Melalui lagu ini, Yura Yunita mengajak para pendengar untuk merenung dan berdoa dan meluapkan keluh kesah di hadapan Tuhan dengan berharap diberi ketenangan dan petunjuk.

Saat diri sendiri merasa sudah di batas kemampuan dengan dihadapkan berbagai permasalahan, pilihan terbaik adalah dengan berdoa dan berpasrah kepada-Nya dan memohon kedamaian. Pada akhirnya yang dapat menolong kamu untuk menyelesaikan masalah adalah Sang Pencipta.

 

3 dari 3 halaman

4. Diri - Tulus

Lagu berjudul Diri ini memiliki makna tentang seseorang yang mencoba untuk menyemangati diri sendiri setelah keterpurukan menghadapi masalah dalam hidupnya. Tulus juga mengajak para pendengar untuk memaafkan diri sendiri setelah apa yang sudah dilalui. 

Jangan lupa juga untuk berterima kasih kepada dirimu karena sudah bertahan sejauh ini. Lirik lagu tersebut meminta pendengar untuk bahwa hidup ini berharga dan buang jauh pikiran-pikiran jahat yang mengganggu kita.

5. Untuk Hati yang Terluka - Isyana Sarasvati

Lagu yang berada dalam album Lexicon ini memiliki makna ketika seseorang sedang dihadapi dengan masalah, jangan merasa bahwa masalah tersebut akan dihadapi sendiri. Banyak orang yang akan mendukung diri kamu, seperti sahabat dan keluarga. Namun, yang terpenting dalam menghadapi masalah adalah dukungan dari diri sendiri yang yakin dan mau bangkit dari keterpurukan. 

Seringkali manusia merasa gagal untuk mendapatkan suatu keinginan, tetapi bukan berarti bahwa itu adalah akhir dari segalanya. Isyana mengingatkan pendengarnya untuk jangan terpuruk dalam suatu keadaan, karena dunia terus berputar dan semua masalah akan berakhir.

 

(*/Kdk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS