Sukses

Salah Satunya Turunkan Risiko Hipertensi, Ini Manfaat Anda Konsumsi Oat!

Terdapat beberapa manfaat ketika Anda mengonsumsi oat.

Liputan6.com, Jakarta Oat merupakan salah satu makanan sehat yang bisa Anda santap saat sarapan pagi. Saat sarapan pagi, biasanya oat disajikan dengan susu. 

Bukan tanpa alasan, oat merupakan gandum utuh yang bebas gluten dan bisa dijadikan sebagai sumber vitamin, mineral, serat, serta antioksidan. Dari kandungan tersebut, oat memiliki ragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat dari oat adalah bisa membantu Anda jika ingin menurunkan berat badan. Tak hanya itu, ada manfaat lainnya ketika Anda mengonsumsi oat, lho!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Jaga Kesehatan Jantung

Ketika rutin mengonsumsi oat, Anda dapat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, oat mengandung avenanthramide yang merupakan sebuah antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Selain itu, oat juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Oat juga dapat membantu Anda ketika sedang dalam masa pemulihan pasca serangan jantung.

2. Turunkan Kolesterol

Oat juga dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Oat memiliki kandungan serat beta-glucan yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat.

3. Jaga Kesehatan Pencernaan

Oat juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya, oat dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan.

Tak hanya itu, oat juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit hingga diare. Untuk Anda pengidap GERD atau asam lambung, oat juga dapat meredakan gejala penyakit tersebut lho.

4. Turunkan Risiko Hipertensi

Oat juga bermanfaat untuk menurunkan risiko hipertensi. Pasalnya, oat memiliki kandungan serat dan antioksidan yang rendah natrium. Sebagaimana diketahui, natrium merupakan senyawa yang dihindari oleh para penderita hipertensi.

5. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Oat juga dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda lho! Bagaimana tidak? Oat mengandung beta-gluten serat. Kandungan tersebut dapat melindungi Anda dari penyakit jantung dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Itulah lima manfaat ketika Anda rutin mengonsumsi oat sehari-hari. Eits, tapi jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya dan jaga pola hidup sehat, ya! Salah satunya dengan rutin mengonsumsi air mineral yang memiliki manfaat besar untuk menjaga hidrasi pada tubuh!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini