Sukses

Mitos atau Fakta, Bermain Ponsel Saat Hujan Dapat Tersambar Petir?

Apa benar petir akan menyambar ketika kita bermain ponsel saat hujan?

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit dari kita yang pernah mendengar bahwa bermain handphone atau ponsel saat hujan bisa terkena sambaran petir. 

Kita pun jadi bertanya-tanya apa benar petir sambar ponsel benar-benar terjadi ketika dimainkan saat hujan turun dengan derasnya?

Melansir dari National Weather Service pada Senin, 26 Desember 2022, disebut bahwa menggunakan ponsel ketika ada hujan mengakibatkan tersambar petir tidak ada hubungannya. 

Faktanya, ketika hujan yang deras, banyak dari kita yang justru berteduh di dalam ruangan, di bawah gedung atau objek yang lebih tinggi. Nah, sementara petir lebih memilih objek yang tinggi untuk disambar.

Mengutip dari Accuweather, menurut spesialis keselamatan petir untuk Layanan Cuaca Nasional, John Jensenius,  hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa tidak ada yang benar-benar menarik petir, tapi petir memang mengikuti kabel dan pagar dan hal-hal semacam itu.

"Jadi, jika Anda menggunakan ponsel, Anda tidak lebih mungkin tersambar petir daripada saat Anda tidak menggunakan ponsel itu," kata John yang kemudian dilanjutkan dengan "Kuncinya adalah, Anda ingin berada di tempat yang aman sehingga Anda tidak tersambar petir baik Anda membawa ponsel atau tidak.".

"Tempat Anda berada yang lebih menjadi perhatian daripada yang lainnya. Jika Anda berada di dekat menara ponsel, itu buruk karena petir akan datang dan menghantam menara ponsel," kata Ahli Meteorologi Senior AccuWeather Dan Kottlowski.

Penting untuk pergi ke tempat berlindung yang tertutup seperti mobil atau bangunan, kata Kottlowski.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Selamat Dari Sambaran Petir Dalam Ruangan

Meskipun rumah Anda adalah tempat berlindung yang aman selama hujan dan petir, Anda mungkin masih berisiko.

Berikut adalah beberapa tips untuk tetap aman dan mengurangi risiko Anda tersambar petir saat berada di dalam ruangan, mengutip laman Centers For Disease Control and Prevention.

Hindari Air

Jangan mandi, mencuci piring, atau melakukan kontak lain dengan air selama badai petir karena petir dapat menjalar melalui pipa ledeng bangunan.

Risiko petir yang merambat melalui pipa ledeng mungkin lebih kecil pada pipa plastik dibandingkan dengan pipa logam.

Namun, yang terbaik adalah menghindari kontak dengan pipa ledeng dan air mengalir selama badai petir untuk mengurangi risiko Anda tersambar.

Jangan Menyentuh Peralatan Elektronik

Jangan gunakan apa pun yang terhubung ke stopkontak listrik, seperti komputer, laptop, sistem permainan, mesin cuci, pengering, atau kompor.

Petir dapat menjalar melalui sistem kelistrikan, sistem penerimaan radio dan televisi, dan kabel atau batang logam apa pun di dinding atau lantai beton.

Hindari Jendela, Pintu, dan Teras.

Jauhi jendela, pintu, dan teras rumah. Jangan berbaring di lantai beton atau bersandar pada dinding beton selama badai petir. Petir dapat menjalar melalui kabel logam atau batang di dinding atau lantai beton.

Jangan Gunakan Telepon Kabel.

Telepon kabel tidak aman digunakan selama badai petir. 

3 dari 4 halaman

Tips Selamat Dari Sambaran Petir di Luar Ruangan

Waspada

Periksa ramalan cuaca sebelum berpartisipasi dalam kegiatan di luar ruangan. Jika prakiraan cuaca menunjukkan badai petir, tunda perjalanan atau aktivitas Anda, atau pastikan tempat berlindung yang aman dan sesuai sudah tersedia.

Masuklah ke Dalam Ruangan

Ingatlah ungkapan,"Ketika guntur mengaum, pergilah ke dalam ruangan." Temukan tempat berlindung yang aman dan tertutup ketika Anda mendengar guntur.

Tempat berlindung yang aman termasuk rumah, kantor, pusat perbelanjaan, dan kendaraan berat dengan jendela digulung.

Segera Cari Tempat Berlindung

Jika Anda terjebak di tempat terbuka, bertindaklah cepat untuk mencari tempat berlindung. Tindakan yang paling penting adalah menjauhkan diri Anda dari bahaya.

Jika Anda terjebak di luar tanpa tempat berlindung yang aman di dekatnya, tindakan berikut dapat mengurangi risiko Anda tersambar petir:

  • Segera turun dari area yang ditinggikan seperti bukit, punggung gunung, atau puncak.
  • Jangan pernah berbaring rata di tanah. Berjongkoklah dalam posisi seperti bola dengan kepala terselip dan tangan di atas telinga Anda sehingga Anda berada di bawah dengan kontak minimal dengan tanah.
  • Jangan pernah berlindung di bawah pohon yang terisolasi. Jika Anda berada di hutan, berlindunglah di dekat pohon yang lebih rendah.
  • Jangan sekali-kali menggunakan tebing atau gundukan batu untuk berlindung. Segera keluar dan menjauh dari kolam, danau, dan badan air lainnya.
  • Jauhi benda-benda yang menghantarkan listrik (seperti pagar kawat berduri, kabel listrik, atau kincir angin).
4 dari 4 halaman

Pisahkan Diri Dari Orang Lain

Jika Anda berada dalam kelompok selama badai petir, berpisahlah satu sama lain. Ini akan mengurangi jumlah cedera jika petir menyambar tanah.

Apabila Berada di Perairan Terbuka, Segealah Ke Pantai

Jika Anda berada di atas perahu di perairan terbuka ketika badai petir datang, segeralah kembali ke pantai dan cari tempat berlindung. Jika Anda tidak dapat kembali ke pantai, perahu dengan kabin menawarkan perlindungan.

Jika terjebak badai di perahu kecil tanpa kabin, jatuhkan jangkar dan turun serendah mungkin.

Jangan Tinggal di Kendaraan Terbuka

Selama badai petir, hindari kendaraan terbuka seperti mobil convertible, sepeda motor, dan kereta golf.

Hindari Ruang Terbuka

Jauhi ruang terbuka seperti lapangan golf, taman, taman bermain, kolam, danau, kolam renang, dan pantai. 

Jangan Tinggal di Dekat Bangunan Tinggi

Jauhi struktur tinggi, seperti tiang telepon dan pohon; petir cenderung menyambar objek tertinggi di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.