Sukses

Anti Boros, Ikuti 7 Tips Atur Pengeluaran Saat Liburan Akhir Tahun

Anggaran pengeluaran liburan perlu disiapkan jauh-jauh hari untuk dapat menikmati liburan anti boros dan sesuai budget.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki akhir tahun 2022, hari libur dan kesempatan cuti menjadi momen untuk refreshing dan berlibur. Bagi sebagian orang, liburan akhir tahun menjadi kesempatan yang tak boleh dilewatkan.

Persiapan untuk liburan akhir tahun pun telah dirancang jauh-jauh hari, tak terkecuali dengan anggaran pengeluaran. Pasalnya, sulit untuk menahan godaan membeli barang-barang yang telah lama diincar. Belum lagi diskon besar-besaran turut memikat mata dan berujung pada sifat boros yang keluar dari rencana anggaran awal.

Tak hanya membeli barang, rencana destinasi wisata juga kerap merogoh budget yang tak sedikit. Hidangan kuliner dan kebutuhan lainnya pun turut diperhatikan untuk tetap ketat dengan budget.

Namun, bukan berarti kamu harus menunda segala keinginan sampai tahun depan. Menikmati liburan akan sulit jika kamu terus khawatir tentang uang. Untuk itu, diperlukan anggaran pengeluaran liburan untuk tetap membantumu fokus pada euforia nuansa libur.

Tak perlu khawatir, berikut telah Liputan6.com rangkum tips atur pengeluaran saat liburan akhir tahun, dilansir berbagai sumber.

1. Tetapkan Anggaran untuk Setiap Orang

Mengutip First Community Bank, Minggu (25/12/2022), keluarga perlu memastikan jumlah uang yang sama untuk setiap orang yang kamu belikan hadiah.

Ingatlah untuk tidak melebihi budget karena pemikiran dan sentiment negatif. Pemberian hadiah adalah tentang pemikiran dan sentimen, bukan harga, jadi tahan keinginan untuk meningkatkan melebihi batas anggaranmu,

Untuk melakukannya, kamu dapat meminta anggota keluarga menyetujui batas pengeluaran untuk hadiah liburan. Kamu juga bisa menggunakan jenis pertukaran yang serupa dalam mengurangi jumlah hadiah yang harus dibeli setiap individu sambil memastikan keadilan yang diterima setiap orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hindari Sikap Impulsif

Toko-toko dirancang untuk membujukmu membeli lebih dari apa yang kamu inginkan. Terutama selama liburan, ketika pengecer mencoba meyakinkan bahwa barang obral tidak hanya bernilai tetapi juga sesuatu yang harus dimiliki.

Meskipun kamu telah mengikuti anggaran liburan, belanja impulsif tetap dapat merusak rencanamu dan membuat kamu punya tagihan besar di bulan Januari.

Tetaplah ingat untuk berpegang pada daftar hadiah yang kamu inginkan. Jika kamu melihat hadiah tak terduga yang terlalu bagus untuk dilewatkan, belilah sebagai pengganti sesuatu yang lain dalam rencana.

3. Cari Penawaran di Banyak Tempat

Meskipun kamu tidak boleh merencanakan budget dengan harapan menemukan diskon besar-besaran, penawaran dan barang-barang yang didiskon dapat meregangkan anggaranmu lebih jauh.

Ketika kamu menemukan harga terbaik untuk barang yang telah lama diincar, kamu akan merasa lebih baik karena mengetahui bahwa kamu tidak tidak menghabiskan banyak uang.

Sebelum pergi dari satu toko ke toko lain, gunakan internet untuk meneliti harga. Kamu juga bisa mempertimbangkan pengecer online yang mungkin memiliki harga yang lebih baik hingga menawarkan pengiriman gratis.

Jika terdapat barang yang lebih mahal daripada yang kamu pikirkan, pertimbangkan apakah teman atau anggota keluarga akan sama senangnya dengan hadiah lain yang harganya lebih terjangkau.

3 dari 4 halaman

4. Buat Kategori Pengeluaran Liburan

Apabila sebelumnya kamu perlu menetapkan anggaran per orang, tetapkan juga anggaran per kategori.

Mengutip Nerd Wallet, menetapkan yang dapat digunakan kembali setiap tahun akan membantumu memprioritaskan pengeluaran dan membuatnya lebih mudah diprediksi. Kategori ini dapat dipisahkan berupa:

  • Hadiah: anggaran pemberian hadiahmu untuk orang terdekat harus mencakup persediaan pembungkus hadiah serta biaya pengiriman untuk hadiah yang perlu dikirim melalui pos.
  • Travelling: perhitungkan biaya bensin atau tol, tiket pesawat dan biaya tas, serta biaya menginap di hotel. Pastikan untuk menganggarkan makanan juga saat kamu bepergian.
  • Makanan dan hiburan: biaya hiburan mungkin termasuk tiket destinasi wisata serta pembuatan hidangan liburan, atau rekreasi kuliner.

5. Jangan Lupa Biaya Liburan Lain

Di luar hadiah, liburan membawa pengeluaran lain yang membuat penganggaran menjadi tantangan. Apakah kamu menjadi tuan rumah bagi keluarga dan teman untuk pesta liburan? Atau apakah kamu akan keluar pada malam tahun baru dan perlu menyewa pengasuh?

Semua pengeluaran ekstra ini membuat liburan menjadi lebih mahal daripada yang kamu kira. Dengan adanya inflasi, biaya liburan mungkin terasa lebih mahal.

Anggarkan untuk pengeluaran lain-lainmu, berikan beberapa bantalan karena harga mungkin lebih tinggi, dan bersiaplah untuk memangkas rencana sesuai kebutuhan.

4 dari 4 halaman

6. Rencanakan Anggaran setelah Liburan

Mengutip The Every Girls, setelah liburan, kamu akan kembali ke realita dan perlu mengembalikan pengeluaran bulanan normalmu ke jalur yang benar. Ketika kamu menganggarkan uang untuk liburan, anggarkan juga untuk setidaknya beberapa bulan pertama setelahnya.

Kamu mungkin memutuskan untuk tidak akan pergi keluar untuk makan sebanyak-banyaknya di bulan Januari, tetapi akan lebih sering bersantai di rumah bersama teman. Atau, kamu bisa meluangkan rencana pengeluaran untuk hadiah yang dapat digunakan di tahun-tahun selanjutnya.

Baik video games maupun tumpukan buku, tujuanmu seharusnya adalah menikmati liburan dan tahun baru tanpa stres tentang uang.

7. Habiskan Uang untuk Pengalaman

Meskipun mungkin kamu tergoda membeli suvenir untuk diri sendiri dan orang lain, hal ini bisa membuat keuanganmu cepat habis. Alih-alih membeli suvenir, belanjakanlah uangmu untuk pengalaman, dan ambil banyak foto dan video, ini gratis dan akan bertahan lebih lama.

Rencanakanlah anggaran dengan melakukan satu aktivitas gratis dan satu aktivitas berbayar per hari sehingga kamu melakukan sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikkan setiap hari sambil tetap berpegang pada anggaran.

Misalnya, jika kamu akan berlibur ke pantai, kamu dapat menghabiskan setengah hari berbaring di pantai dan setengahnya lagi mengikuti pelajaran selancar atau menyewa jet ski.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.