Sukses

5 Negara yang Paling Sering Lolos ke Babak Final Piala Dunia FIFA

Berikut ini lima negara yang paling sering masuk ke babak Final Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar sudah mulai memasuki penghujung acara. Kini, kedua timnas yang tersisa, Argentina dan Prancis, akan dipertemukan dalam pertandingan Final Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Lusail, Qatar, pada Minggu ini (18/12/2022).

Banyak negara besar seperti Spanyol, Jerman, Inggris, Belgia, dan Brasil telah tersingkir jauh lebih awal sebelum masuk ke babak empat besar. Namun, sebagian besar tim ini telah menciptakan berbagai momen menakjubkan selama masa pertandingan Piala Dunia Qatar 2022.

Pertandingan tahun ini pun menjadi menarik mengingat negara-negara yang tidak berhasil mencapai babak semifinal, nyatanya termasuk sebagai negara yang paling sering memenangkan trofi Piala Dunia.

Sepanjang sejarah turnamen Piala Dunia yang telah berlangsung selama 21 kali dari tahun 1930 hingga saat ini, terdapat 8 negara yang telah menjadi juara dunia. Negara-negara tersebut telah memenangkan Trofi Jules Rimet (1930-1970) dan Trofi FIFA World Cup yang menjadi trofi resmi Piala Dunia 1970 sampai saat ini.

Brasil tercatat sebagai negara yang paling banyak memenangkan pertandingan Piala Dunia. Sampai saat ini, Brasil telah memenangkan turnamen sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1952, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Namun, pada pertandingan kali ini, Brasil bahkan tidak berkesempatan untuk lanjut ke babak semifinal setelah dikalahkan oleh Kroasia di Quarter Final. Selanjutnya ada Jerman menduduki posisi kedua dengan jumlah kemenangan sebanyak 4 kali dan Italia di posisi ketiga dengan jumlah kemenangan yang sama. Tahun ini, bahkan Italia tidak ikut berpartisipasi tampil di pertandingan Piala Dunia.

Di samping negara-negara yang tidak berhasil lolos ke pertandingan Final Piala Dunia 2022, negara-negara tersebut tetap tergolong sebagai tim yang paling sering tampil di Final Piala Dunia. Berdasarkan situs Khel Now (15/12/2022), berikut ini lima negara yang paling sering masuk ke babak Final Piala Dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jerman

Posisi pertama ada Jerman. Jerman telah berhasil mencapai babak putaran final Piala Dunia FIFA sebanyak delapan kali. Ini merupakan jumlah terbanyak dari berbagai negara yang berpartisipasi di Piala Dunia FIFA.

Untuk soal jumlah kemenangan, Jerman berada di posisi kedua setelah Brasil, dengan jumlah kemenangan sebanyak 4 kali. Kekalahan mereka terjadi pada tahun 1982 dan 1986 saat mereka mengalami kekalahan secara berturut-turut di dua putaran final Piala Dunia.

Namun, pada final berikutnya di 1990, Jerman mengalahkan Argentina untuk memenangkan Piala Dunia ketiga mereka. Secara kebetulan, Jerman menghadapi Argentina untuk ketiga kalinya di final Piala Dunia yang terjadi pada 2014, saat Jerman mencapai final kedelapan mereka dan memenangkan Piala Dunia keempatnya.

 

3 dari 6 halaman

2. Brasil

Brasil telah memenangkan sebanyak lima pertandingan Piala Dunia dan menjadi negara yang paling sering menjadi juara dalam pertandingan ini. Sampai saat ini, mereka telah berhasil mencapai sebanyak tujuh kali final Piala Dunia dan terakhir pada tahun 2002.

Tahun 2002 juga termasuk sebagai masa terakhir Brasil memenangkan Piala Dunia FIFA 2002 setelah berhasil mengalahkan Jerman. Brasil sempat menjadi tim favorit selama pertandingan Piala Dunia kali ini. Namun, sayangnya mereka disingkirkan sebelum masuk ke babak semifinal oleh Kroasia.

4 dari 6 halaman

3. Argentina

Argentina di generasi Lionel Messi memiliki sejarah yang cukup panjang selama Piala Dunia FIFA. Argentina dan Uruguay berhasil mencapai final pada acara Piala Dunia perdana yang dilaksanakan di Uruguay. Namun, sayangnya Argentina kalah dari Uruguay.

Namun, setelah itu mereka berhasil mencapai kemenangan final pada tahun 1978 dan 1986. Setelah kemenangan tersebut dan menerima kekalahan di babak final di 1990, Argentina terus tidak berhasil mencapai final hingga 2014.

Setelah Lionel Messi mengambil alih, tim mereka sempat masuk ke pertandingan final Piala Dunia sebelum disingkirkan oleh Jerman yang berhasil mencetak gol di menit-menit terakhir. Kini, Argentina kembali mendapat kesempatan untuk bertanding di babak final berhadapan dengan Prancis.

 

5 dari 6 halaman

4. Italia

Italia memiliki reputasi besar di Piala Dunia FIFA. Namun, akhir-akhir ini mereka tampak tidak cukup konsisten. Mereka telah berhasil menghadiri sebanyak enam kali pertandingan final Piala Dunia FIFA.

Bersama dengan Brasil, Italia menjadi negara yang telah memenangkan Piala Dunia selama dua kali berturut-turut, yaitu pada tahun 1934 an 1938. Final terakhir yang dihadiri Italia ada pada tahun 2006 dan dihadapkan dengan Prancis. Italian pun berhasil menyabet kemenangan dari Prancis dengan skor 5-3 lewat adu penalti dan memenangkan trofi Piala Dunia keempat mereka.

6 dari 6 halaman

5. Belanda

Meskipun belum pernah memenangkan trofi Piala Dunia sepanjang sejarahnya, Belanda termasuk sebagai negara yang paling sering masuk dan bertanding di babak Final Piala Dunia. Belanda berhasil mencapai sebanyak tiga final Piala Dunia FIFA.

Dua pertandingan final berhasil dicapai Belanda secara berturut-turut, yaitu pada tahun 1974 dan 1978. Di 1978, mereka dipertemukan dengan Argentina dan kalah dengan skor 3-1 dalam masa perpanjangan waktu. Setelah 44 tahun, Argentina kembali menyingkirkan Belanda lewat adul penalti dalam pertandingan perempat final.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.