Sukses

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 4 Tips Sederhana Kecilkan Double Chin

Berikut cara menghilangkan double chin dengan latihan sederhana di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini berfoto selfie menjadi hal yang lumrah dilakukan banyak orang. Hal tersebut membuat banyak orang yang lebih peduli dengan penampilan mereka terlebih di area wajah. Sayangnya berbagai masalah kerap dialami banyak orang salah satunya double chin. Double chin atau dagu berlipat pastinya jadi musuh hampir semua orang, terutama wanita.

Dagu berlipat ini membuat tampilan wajah terlihat tidak menarik, apalagi saat mengambil foto. Mengutip Cleveland Clinic, Rabu (14/12/2022), double chin berkaitan dengan kelebihan berat badan. Terutama kalian yang mengalami obesitas.

"Biasanya, double chin berhubungan dengan kelebihan berat badan. Tapi tidak ada bukti ilmiah yang mendukung cara yang jelas untuk menghilangkannya selain diet dan olahraga," kata spesialis kesehatan dan kebugaran, Chris Dempers. 

Dempers mengatakan obesitas adalah penyebab utama double chin. Ketika berat badan orang bertambah, banyak yang bertambah secara merata di seluruh tubuh kalian, termasuk di area wajah dan dagu. Ada juga yang dipengaruhi oleh faktor genetik.

Untuk menghilangkan double chin ada banyak latihan sederhana yang bisa dilakukan. Latihan-latihan ini menargetkan otot-otot leher dan wajah. Melatih otot-otot ini dapat membantu membakar lemak di area-area tersebut dan mungkin merupakan bagian penting untuk menghilangkan double chin.

1. Mencium Langit-langit

Dalam latihan ini, cobalah untuk mendapatkan bibir sejauh mungkin dari wajah. Berdiri tegak dan tinggi dengan lengan dan bahu yang longgar dan rileks. Miringkan kepala ke belakang untuk melihat ke langit-langit. Kerutkan bibir dan cobalah mencium langit, rentangkan sejauh mungkin dari wajah.

Bila dilakukan dengan benar, otot-otot di seluruh leher dan dagu akan terasa tertarik. Tahan posisi ini selama 5 hingga 20 detik dan kemudian rileks. Ulangi 10 hingga 15 kali per set.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet mungkin berguna bagi orang yang ingin menghilangkan double chin dengan berbagai cara. Sebuah studi di jurnal Appetite menemukan bahwa, individu yang mengunyah permen karet setelah makan mungkin merasa lebih puas dengan apa yang telah mereka makan. Hal ini membuat mereka cenderung tidak makan camilan tambahan.

Mengunyah permen karet juga dapat membantu orang yang sedang menurunkan berat badan untuk mengurangi jumlah kalori dalam makanan mereka. Mengunyah permen karet adalah latihan kecil untuk otot-otot wajah, terutama rahang. Bila dilakukan secara teratur dapat berkontribusi pada hilangnya lemak di dagu secara keseluruhan.

3. Pose Cemberut

Cara lain yang efektif untuk menargetkan otot-otot di dagu dan leher adalah dengan melakukan peregangan cemberut. Berdiri atau duduk, tempelkan bibir bawah sejauh mungkin untuk membentuk wajah cemberut. Tahan posisi tersebut selama 3 detik. Dengan bibir yang masih cemberut, gunakan otot-otot leher untuk memiringkan dagu ke arah dada tanpa menggerakkan punggung atas. Tahan posisi ini selama 3 detik. Relakskan otot-otot dan mulai lagi. Ulangi 10 sampai 20 kali atau sampai leher terasa pegal.

 

 

 

3 dari 4 halaman

4. Pose Singa Menguap

Latihan ini harus mencerminkan menguapnya singa, dengan lidah menjulur sejauh mungkin. Inti dari latihan ini adalah membuka mulut lebar-lebar sambil menjulurkan lidah sejauh mungkin, seperti singa yang sedang menguap.

Latihan yang maksimal bisa untuk memperkuat banyak otot di dagu, leher, dan wajah. Lakukan sembari duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang santai. Buka mulut selebar mungkin sambil menjulurkan lidah sejauh mungkin. Ketika dilakukan dengan benar, otot-otot leher, dagu, dan rahang akan mengencang. Dorong lidah keluar selama 10 detik dan rileks. Ulangi proses ini sebanyak 10 kali dan lanjutkan ke latihan lainnya.

5. Diet Seimbang 

Pola makan juga menjadi faktor terpenting yang dapat membantu mengurangi munculnya double chin. Mengurangi jumlah kalori yang dikonsums terbukti membantu menghilangkan double chin. Minum banyak air juga menghilangkan lebih banyak lemak dari tubuh.

4 dari 4 halaman

Alasan Muncul Double Chin hingga Cara Mengatasinya

Selain jerawat, wanita juga sering punya masalah terkait double chin. Karena masalah ini, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk menghilangkan double chin bagaimana pun caranya.

Double chin bisa saja muncul terlepas dari orang tersebut memiliki berat badang kurang atau lebih. Melansir CNA Lifestyle, Kamis (16/6/2022), faktor genetik ternyata jadi penyebab dalam kasus ini. Itulah yang menyebabkan tubuh menyimpan lemak di bagian tubuh tertentu yang biasanya muncul di bawah dagu.

Sementara itu, penurunan berat badan memang dapat membantu mengurangi dagu berlipat atau double chin ini. Akan tetapi, mungkin tidak berhasil sama sekali bagi mereka yang berada di kelompok terakhir.

Lantas, apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengecilkan dan mengencangkan bagian kulit yang kendor itu?

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.