Sukses

Jeruk hingga Ikan, 13 Makanan Ini Dapat Bantu Anda Kelola Stres

Liputan6.com, Jakarta - Jika seseorang merasa stres, wajar jika mereka mencari bantuan untuk mengurangi perasaan stres yang sedang menyerang. Terutama bagi mereka yang melampiaskan stres pada aktivitas makan, tak jarang banyak yang menyesali keputusan karena telah mengonsumsi makanan yang mungkin tidak sehat secara impulsif.

Melansir Healthline , Sabtu (26/11), meskipun serangan stres sesekali sulit dihindari, stres kronis dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan emosional seseorang, hal ini dapat meningkatkan risiko kondisi seperti penyakit jantung dan depresi.

Untuk itu, saat seseorang stres, mungkin mereka terbagi atas dua kelompok, yakni mereka yang jarang makan dan mereka yang makan banyak. Namun tak perlu khawatir bagi keduanya, karena ternyata terdapat beberapa makanan tertentu yang memiliki kualitas untuk dapat menghilangkan stres. Berikut kami himpun 13 makanan penghilang stres dilansir dari Health.com:

1. Jeruk

Jeruk tak hanya mudah didapat dan memiliki harga terjangkau, tetapi buah ini juga merupakan sumber utama vitamin C yang merupakan kandungan baik untuk menurunkan tingkat stres.

Selain mendukung fungsi kekebalan tubuh, yang dapat dilemahkan oleh stres, nutrisi utama ini membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol, yang dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh maupun pikiran.

Hal tersebut dikarenakan efek dari tingkat kortisol tinggi yang berkepanjangan dapat mencakup kelelahan, kabut otak, nafsu makan meningkat, dan penambahan berat badan, terutama lemak perut.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

2. Telur

Bukan rahasia umum bahwa telur merupakan makanan pokok untuk makan siang yang enak dan mudah. Telur utuh adalah salah satu dari sedikit sumber alami vitamin D yang memiliki nutrisi terkait dengan beberapa manfaat kesehatan yang penting, termasuk fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik, anti-inflamasi, dan pengaturan suasana hati, termasuk mengurangi gejala depresi.

3. Ubi Jalar

Mengonsumsi sumber karbohidrat utuh yang kaya nutrisi seperti ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Tak jarang, ubi jalar juga dapat dijadikan sebagai pengganti karbohidrat yang lebih sehat dan lebih baik. Hal ini dikarenakan ubi jalar dikemas dengan nutrisi yang penting untuk respons stres, seperti vitamin C dan kalium.

3 dari 7 halaman

4. Brokoli

Sayuran silangan seperti brokoli terkenal akan manfaat kesehatannya. Pola makan yang kaya akan sayuran silangan dapat menurunkan risiko kanker tertentu, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Sayur brokoli merupakan sumber makanan yang paling terkonsentrasi dari beberapa nutrisi, termasuk magnesium, vitamin C, dan folat, yang telah terbukti dapat memerangi gejala depresi. Tak hanya itu, brokoli juga kaya akan sulforaphane, senyawa sulfur yang memiliki sifat neuroprotektif dan mungkin menawarkan efek menenangkan dan antidepresan.

5. Bayam

Sayuran hijau ini memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Adapun magnesium dapat berfungsi untuk mengobati sakit kepala dan kelelahan, yang dapat mengundang stres. Tak hanya bayam, sayuran hijau lainnya juga dapat dipilih karena mengandung folat dan vitamin A yang bisa memproduksi serotonin.

4 dari 7 halaman

6. Alpukat

Irisan demi irisan roti panggang alpukat mungkin tidak begitu sehat, tetapi mengonsumsi buah super ini secara teratur dapat membantu menghentikan stres makan. Efek mengenyangkan yang dihasilkan oleh alpukat dapat mengisi perutmu dan membuatmu merasa lebih puas.

Tak hanya itu, alpukat juga memiliki lemak baik yang menyehatkan tubuh. Tetapi, tetap batasi konsumsi alpukat diperlukan, mengingat buah ini mengandung kalori yang cukup tinggi.

7. Ikan Berlemak Baik

Ikan berlemak seperti makarel, herring, salmon, dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh mengatasi stres. Adapun vitamin D juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan pengaturan stres, risiko kecemasan, dan depresi.

5 dari 7 halaman

8. Kerang-kerangan

Kerang-kerangan, yang mencakup kerang, kerang, dan tiram, mengandung asam amino yang tinggi seperti taurin, yang memiliki potensi dalam meningkatkan suasana hati.

Taurin dan asam amino lainnya diperlukan untuk memproduksi neurotransmiter seperti dopamin, yang penting untuk mengatur respons stres. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa taurin mungkin memiliki efek antidepresan.

Tak hanya itu, kerang juga sarat dengan vitamin B12, seng, tembaga, mangan, dan selenium, yang semuanya dapat membantu meningkatkan suasana hati.

9. Jeroan

Mungkin mengejutkan bahwa ternyata jeroan masuk ke dalam daftar makanan penghilang stres, tetapi daging organ yang mencakup jantung, hati, dan ginjal hewan seperti sapi dan ayam, merupakan sumber vitamin B yang sangat baik, terutama B12, B6, riboflavin, dan folat, yang sangat penting untuk mengendalikan stres.

Misalnya, vitamin B diperlukan untuk produksi neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, yang membantu mengatur suasana hati. Perlu diingat untuk tetap membatasi konsumsi jeroan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi jeroan terlalu sering dapat meningkatkan kolesterol dan risiko jantung.

6 dari 7 halaman

10. Kimchi

Apabila kamu merupakan penggemar aktor maupun K-pop, kamu pasti tak asing dengan kimchi. Kimchi adalah hidangan sayuran fermentasi yang biasanya dibuat dengan kubis napa dan daikon, sejenis lobak.

Makanan fermentasi seperti kimchi dikemas dengan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik dan tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan. Nyatanya, makanan fermentasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Hal ini dikarenakan interaksi probiotik yang terdapat pada makanan fermentasi dengan secara langsung memengaruhi suasana hati.

11. Matcha

Bagi kamu matcha lovers, bubuk teh hijau ini ternyata memiliki efek baik bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam matcha salah satunya adalah L-theanine, yang merupakan asam amino non-protein dengan sifat penghilang stres yang kuat.

Matcha adalah sumber asam amino yang lebih baik daripada jenis teh hijau lainnya, karena terbuat dari daun teh hijau yang ditanam di tempat teduh. Proses ini meningkatkan kandungan senyawa tertentu, termasuk L-theanine.

7 dari 7 halaman

12. Bluberi

Bluberi dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk peningkatan suasana hati. Buah beri ini mengandung antioksidan flavonoid yang tinggi yang memiliki efek antiinflamasi dan pelindung saraf yang kuat. Buah ini juga dapat membantu mengurangi peradangan terkait stres dan melindungi terhadap kerusakan sel terkait stres.

13. Teh Kamomil

Kamomil merupakan ramuan obat yang telah digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stres alami. Teh dan ekstraknya sudah terbukti dapat meningkatkan tidur nyenyak dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Selain kamomil, teh hijau juga dapat menjadi opsi lain untuk dapat meningkatkan stres dan kecemasan. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung asam amino theanine yang dianggap dapat meningkatkan relaksasi.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS