Sukses

Sering Ikut sampai Kamar Mandi, Ini 5 Alasan Kucing Terus Buntuti Kamu

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kucing yang mengikuti pemilik mereka ke mana pun mereka pergi. Namun, alasan di balik perilaku ini mungkin mengejutkan kalian. 

Mungkin sebagian kucing kalian setiap pagi sering mengeong sembari mengikuti kalian dari kamar tidur ke dapur, menggosok-gosokkan ekornya yang berbulu ke kaki kalian. Bahkan mereka sering mengikuti kalian ke kamar mandi dan memperhatikan setiap gerak gerik kita.

Jika kucing kalian memiliki perilaku aneh seperti itu, mungkin kamu bertanya-tanya mengapa kucing selalu mengikuti kita ke mana saja bahkan sampai ke kamar mandi.

Melansir Daily Paws, Senin (28/11/2022), ada berbagai penyebab menarik di balik perilaku lucu kucing sering mengikuti manusia. Entah dari masalah kesehatan mereka hingga hanya sekadar perilaku kucing normal. Berikut lima alasan mengapa kucing mengikuti majikan kamu ke mana saja.

1. Kucing Menikmati Kebersamaan Bersama Kamu

Jangan anggap menjengkelkan, ternyata salah satu kucing kamu mengikuti pemiliknya, karena kucing memang mencintai si pemilik. Setelah hidup bersama manusia begitu lama, kucing telah membentuk ikatan yang tulus dan unik dengan manusia yang memeliharanya. 

Kucing kamu senang menghabiskan waktu bersama orang favoritnya dan tertarik dengan hal-hal yang kamu lakukan, terutama pada saat-saat di mana kamu mungkin melakukan banyak hal.

Misalnya saat kamu memasak makan malam atau mencuci pakaian. Aktivitas-aktivitas tersebut jauh lebih menarik bagi anabul kalian daripada melihat kamu menatap layar TV.

2. Kucing Butuh Perhatian

Mungkin kamu tidak menyadarinya, saat kamu pergi keluar rumah mungkin hewan peliharaan kita terkadang merasa tertinggal ketika kita meluangkan waktu dari jadwal sibuk kita dan memberi mereka perhatian yang mereka butuhkan.

Kucing kamu mungkin menemukan cara terbaik untuk membuat kamu membelai mereka, bermain dengan mereka, atau berbagi camilan lezat dengan mereka, dengan membuat kehadiran mereka diketahui termasuk dengan mengikuti setiap langkah kamu.

Pastikan kamu menuruti dan memberikan kucing kalian dengan cinta, kasih sayang, dan kesempatan bermain harian yang cukup setiap hari untuk memastikan kucing kamu tetap menjadi kucing yang bahagia dan sehat. 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Tempat yang Dukunjungi Menarik Perhatian Kucing

Di sinilah mengapa kucing mengikuti sampai kamar mandi. Bukan rahasia lagi bahwa di mana pun ada kamar mandi, pasti ada bau. Kucing kamu adalah penikmat aroma dan kamar mandi secara khusus menawarkan banyak aroma menarik yang menarik naluri kucing mereka.

Ditambah lagi, jika kucing kalian menyukai tempat yang sejuk untuk berbaring atau menikmati tetesan keran yang mengalir, kamar mandi dengan cepat menjadi tempat bermain kucing yang menenangkan.

Kucing juga menemukan dapur, ruang cuci, dan kamar tidur kamu penuh dengan aroma yang perlu mereka jelajahi dan permainan yang perlu mereka coba.

 

3 dari 4 halaman

4. Perubahan Pola Makan

Mungkin tidak begitu mengejutkan, tetapi jika kucing kamu berniat mengintai di belakang setiap langkah kalian, mereka mungkin mencoba mengkomunikasikan kebutuhan kepada kamu dan bisa jadi mereka ingin makan.

Kucing adalah komunikator yang sangat baik, mereka lebih suka meneriakkan kebutuhan mereka atau memutuskan mengikuti kalian untuk meminta camilan.

Sarapan yang biasa kalian berikan kepada mereka mungkin tidak memuaskan atau membuat mereka menginginkan lebih. Ini bisa menjadi indikator bahwa kucing kalian membutuhkan perubahan pola makan.

Tentu saja, penting bagi kamu untuk tidak memberi makan kucing secara berlebihan karena obesitas pada kucing dapat menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan. Namun, seiring dengan bertambahnya usia kucing kalian, kebutuhan nutrisi dan olahraganya juga berubah.

Jadi, jika kucing nampak kehilangan berat badan, bulunya tampak kusam, atau kucing terus mengikuti kalian bahkan setelah kamu menawarkan makanan, konsultasikan dengan dokter hewan untuk memastikan kucing mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.

 

4 dari 4 halaman

5. Kucing Merasa Sakit

Kucing tidak dapat mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata, jadi mereka mengkomunikasikan perasaannya melalui bahasa tubuh.

Kucing dapat mengatakan segala macam hal melalui tubuh mereka, tetapi kucing yang mungkin mengalami penyakit atau merasa terlalu stres dapat meningkatkan gerakan dan perilaku tubuh. Hal ini dapat mencakup mengikuti kalian ke mana pun atau berusaha untuk tetap berada sedekat mungkin dengan kalian.

Jika kucing nampak ingin berada di dekat kalian dengan cara yang luar biasa intens, tampak tertekan saat kalian meninggalkan ruangan tanpa mereka, atau terus-menerus mengikuti setiap gerakan kalian, inilah saatnya untuk membuat janji temu dengan dokter hewan untuk konsultasi masalah kesehatan atau perilaku.

Apa pun alasan kucing kalian selalu mengikuti kita, penting untuk memperhatikan dengan saksama, memastikan kucing benar-benar bahagia dan sehat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS