Sukses

Sadio Mane Gagal Berlaga di Piala Dunia 2022 Gara-Gara Cedera

Sadio Mane sudah dipastikan tidak akan ambil bagian dalam Piala Dunia 2022 di Qatar karena cedera yang dialaminya.

Liputan6.com, Jakarta - Striker Senegal dan Bayern Munich Sadio Mane sudah dipastikan tidak akan ambil bagian dalam Piala Dunia 2022 di Qatar. Kabar ini telah dikonfirmasikan oleh federasi Senegal, pada Kamis, 17 November 2022, waktu setempat.

Seperti diketahui, pemain berusia 30 tahun itu mengalami cedera saat kemenangan Bayern 6-1 atas Werder Bremen pada 8 November. Saat itu, Sadio Mane langsung diganti pada menit ke-20. Sehari setelah pertandingan tersebut, Sadio Mane diagnosis cedera kepala tulang fibula di punggung bagian kaki kanan bawah.

Meski masih mengalami cedera, Sadio Mane tetap dimasukkan ke dalam skuad Sinegal untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Ia juga diperkirakan bakal melewatkan setidaknya pertandingan perdana mereka melawan Belanda, pada Senin, 21 November 2022.

"Berita terbaru baru saja tiba, dan sejak cedera Sadio Mane yang terjadi pada 8 November, kami melakukan kontak dengan sangat cepat dengan Bayern Munich untuk mendapatkan informasinya. Keesokan harinya, klub menyampaikan kepada kami gambar MRI pertama yang dia lakukan, yang menunjukkan cedera pada lutut kanannya dan kami pergi untuk memeriksa pemain dan melihat lagi gambar tepat di jantung klub," kata tim dokter timnas Senegal Manuel Afonso, dikutip dari ESPN, Jumat (18/11/2022).

Namun belakangan, Sadio Mane urung dimainkan di Piala Dunia 2022 karena hasil tes yang mengindikasikan cederanya mungkin tidak bisa pulih secepat yang diharapkan. 

"Sayangnya, MRI hari ini (Kamis,18 November 2022) menunjukkan kepada kami bahwa peningkatannya tidak sebaik yang kami bayangkan dan sayangnya kami harus menarik Sadio dari Piala Dunia," kata sang dokter, menjelaskan lagi.

Meski demikian, timnas Senegal berharap Sadio Mane bisa pulih lebih cepat dari perkiraan tim dokter. Pasalnya, Mane merupakan pemain pilar Senegal di mana mantan striker Liverpool ini berkontribusi besar membawa Senegal menjuarai Piala Afrika 2021 hingga bisa berpartisipasi Piala Dunia di Qatar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Statistik Mane di Timnas Senegal

Edisi Piala Dunia 2022, Senegal masuk ke salah satu tim nasional sangat dirugikan karena pemain kunci mereka tak bisa tampil.

Sadio Mane merupakan pemain pilar sejak dirinya promosi ke tim senior Sinegal, pada tahun 2012.

Pemain Bayer Munich tersebut telah menjalani 92 penampilan dengan menyumbangkan total 33 gol di seluruh kompetisi. Selama Piala Afrika, ia mencatatkan tiga gol dan dua assist dari tujuh laga.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Mane Hingga Deretan Gelarnya

Sadio Mané memulai karier juniornya di Metz kemudian memulai karier seniornya di klub tersebut pada tahun 2011.

Ia sempat bergabung dengan Red Bull Salzburg sebelum pada tahun 2014 pindah ke Southampton. Pada 2017, ia pindah ke Liverpool. Perpindahan tersebut menjadikannya pemain Afrika termahal saat itu, sebelum dipecahkan Mohamed Salah.

Musim berikutnya, bersama Liverpool, Sadio Mane menjuarai Liga Champions pada tahun 2019, dan menjadi pemain Senegal pertama yang memenangkan Liga Champions.

Pada musim panas 2022-2023, Mane meninggalkan Liverpool yang hijrah ke Bayern Munich.

Berikut daftar gelar Sadio Mane:

  • 2x African Footballer Of The Year
  • Top Skor Liga Inggris (2018/19)
  • FIFA Club World Cup (2018/19)
  • African Cup
  • English Premier League
  • Champions League
  • UEFA Supercup
  • English FA Cup
  • 2x Piala Austrian
  • German Super Cup
4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Senegal

Timnas Senegal datang ke Piala Dunia Qatar 2022 dengan status juara Piala Afrika 2021. Tim berjuluk Lions of Teranga tergabung ke Grup A yang bakal melawan Qatar, Belanda, dan Ekuador. Berikut jadwal pertandingan Timnas Senegal di Piala Dunia 2022:

Senin, 21 November 2022

17.00 WIB: Belanda vs Senegal di Al Thumama Stadium

Jumat, 25 November 2022

20.00 WIB: Senegal vs Qatar Al Thumama Stadium

Selasa, 29 November 2022

22.00 WIB: Senegal vs Ekuador

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.