Sukses

Yuk Mulai Sisihkan Uang di Hari Menabung Sedunia pada 31 Oktober Ini!

Hari Menabung Sedunia jatuh setiap 31 Oktober sebagai bentuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menabung.

Liputan6.com, Jakarta Sudah tahukah kalian kalau 31 Oktober diperingati sebagai Hari Menabung Sedunia?

Ya, tepat pada hari ini, Senin (31/10/2022) merupakan Hari Menabung Sedunia dilansir National Day Calendar. Peringatan ini sebagai bentuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menabung. 

Menariknya, Hari Menabung Sedunia juga dikenal sebagai Hari Menghemat Sedunia. Tujuannya, supaya masyakarat dapat mengenali dampak mengehmat atau penghematan terhadap ekonomi global.

Namun meski begitu, bukan menjadi rahasia umum bahwa menabung itu sulit. Tetapi disisi lain, menabung merupakan hal mudah bagi mereka yang sudah terbiasa. Pasalnya, biaya hidup akan naik seiring meningkatnya pendapatan seseorang. 

Dilansir laman resmi The Balance Money, aturan praktis dalam penganggaran yaitu 50/30/20. Aturan praktis 50/30/20 merupakan cara untuk mengalokasikan anggaran kalian yang dibagi dalam tiga kategori yaitu kebutuhan, keinginan, dan tujuan keuangan.

Aturan praktis tersebut bukan aturan yang mutlak dan cepat melainkan pedoman atau gambaran kasar untuk membantu kalian membangun anggaran yang sehat secara finansial.

Kebutuhan adalah sesuatu hal yang penting untuk menjalani kehidupan, sehingga tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kalian. 

Sedangkan keinginan adalah sesuatu hal yang kalian inginkan tetapi sebenarnya tidak begitu penting dan tidak akan mengganggu kehidupan apabila belum terpenuhi. Sementara tujuan keuangan, bisa diperuntukkan menabung.

Ingin tahu bagaimana mengelola keuangan dengan baik? Yuk simak artikel di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Praktis 50/30/20 dalam Mengelola Keuangan

Kalian tidak perlu kuatir harus mulai menabung dari mana, kalian bisa menerapkan strategi 50/30/20 untuk menabung.

Dilansir laman resmi The Balance Money, aturan praktis 50/30/20 adalah pedoman untuk mengalokasikan anggaran kalian sesuai dengan itu 50 persen untuk kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persen untuk tujuan keuangan kalian (tabungan).

Aturan tersebut  dipopulerkan dalam sebuah buku karya Elizabeth Warren dan putrinya, Amelia Warren Tyagi, berikut rinciannya:

  • 50 Persen untuk Kebutuhan

Kebutuhan adalah sesuatu hal yang penting untuk menjalani kehidupan, sehingga tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kalian, diantaranya:

- Biaya sewa tempat tinggal,

- Biaya belanja sembako atau pakaian, dll,

- Biaya listrik, air, dan layanan saluran pembuangan, dll.

  • 30 Persen untuk Keinginan

Keinginan adalah sesuatu hal yang kalian inginkan tetapi sebenarnya tidak begitu penting dan tidak akan mengganggu kehidupan apabila belum terpenuhi, diantaranya: 

- Pemenuhan hobi,

- Liburan,

- Biaya makan di luar rumah (jajan),

- Layanan digital dan streaming seperti Netflix, dll.

  • 20 Persen untuk Tujuan Keuangan (Tabungan)

Kategori ini mencakup dua bidang utama yaitu:

- Tujuan tabungan, seperti kontribusi pensiun, menabung untuk rumah, dan menyisihkan uang dalam rencana tabungan pendidikan, dana darurat, dll,

- Pembayaran utang.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Strategi 50/30/20 dalam Mengelola Keuangan

Cara menggunakan strategis 50/30/20 dalam mengelola keuangan dalam kalian contoh guna memperbaiki keuangan kalian saat ini.

Dilansir laman resmi The Balance Money, kebanyakan orang menabung dalam jumlah sediki tetapi tanpa sadar mereka menghabiskan terlalu banyak uang untuk biaya hidup, berikut cara kerjanya:

1. Hitung penghasilan bulanan kalian

Data seberapa banyak pemasukan kalian terima di rekening bank setiap bulan.

2. Hitung ambang pengeluaran untuk setiap kategori

Kalikan take-home pay kalian dengan 0,50 (untuk kebutuhan), 0,30 (untuk keinginan), dan 0,20 (untuk tujuan keuangan) untuk melihat berapa banyak yang idealnya kalian belanjakan di setiap kategori.

3. Rencanakan anggaran kalian

Pikirkan secara rinci pembagian kategori dengan pengeluaran bulanan. Buat daftar dan hitung pengeluaran bulanan kalian pada masing-maisng kategori.

4. Ikuti anggaran kalian

Lacak pengeluaran kalian setiap bulan, dan buat perubahan jika diperlukan. Pertimbangkan jika pengeluaran melebihi rancangan anggaran yang sudah dibuat sebelumnya.  

4 dari 4 halaman

5 Manfaat Pentingnya Menabung

Menabung adalah salah satu aspek penting dalam membangun untuk kekayaan dan memiliki masa depan keuangan yang aman.

Menabung memberi kalian jalan keluar dari ketidakpastian hidup dan memberi kalian kesempatan untuk menikmati kehidupan yang berkualitas.

Menyisihkan sejumlah uang secara sistematis dapat membantu Anda menghindari banyak rintangan dan rintangan dalam hidup. Berikut lima manfaat pentingnya menabung dilansir laman resmi CHN Financial Consultancy:

1. Membantu dalam keadaan darurat,

2. Solusi terhadap kehilangan pekerjaan mendadak,

3. Meringankan biaya dengan jumlah besar, contoh membeli rumah,

4. Menyisihkan untuk membayar utang,

5. Menyiapkan dana pensiun atau dana masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.