Sukses

5 Grup Kpop Paling Populer yang Ternyata Dibentuk di Survival Show

Berikut 5 grup Kpop populer yang ternyata dibentuk oleh ajang survival show.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika ingin menjadi idola Korea Pop atau Kpop, ada banyak hal yang harus dilalui oleh para calon idola.

Dari melalui proses pelatihan yang keras, berjam-jam rutinitas tarian yang melelahkan hingga beradaptasi dengan kehidupan idola Kpop, mereka memang harus mendedikasikan hidup mereka untuk impian mereka di tengah-tengah semua persaingan dan standar yang tinggi.

Mengutip dari laman Otakukart, Rabu (21/10/2022) salah satu cara paling trendi dan menarik untuk membentuk grup Kpop adalah melalui survival show yang memberikan sekelompok kontestan sebuah platform bersaing satu sama lain dan membuktikan nilai dan mereka masing-masing.

Selain itu, survival show membantu dalam memulai karier grup Kpop yang terbentuk, yang memberi mereka lebih banyak eksposur dan dukungan dari publik.

Jika kalian tidak menyadarinya, acara survival show Kpop ini telah memberi kita beberapa grup pria dan wanita paling sukses dan berbakat sepanjang masa.

Bahkan ada banyak orang yang menyukai mereka karena tampilan dan kuailitas bakat yang para idola tampilkan baik sebelum debut maupun setelah debut.

Akan terlihat bagaimana satu demi satu member akan mengalami peningkatan skill baik dari vocal, dance maupun facial expression dari mereka masih menjadi seorang trainee hingga menjadi idola senior yang profesional.

Berikut daftar grup Kpop paling populer yang dibentuk pada acara survival yang harus kalian ketahui jika kalian adalah penggemar Kpop sejati!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Twice

Twice adalah grup Kpop paling populer yang dibentuk di Mnet! Dibentuk melalui program survival reality 'Sixteen,' yang melibatkan enam belas trainee sebagai peserta dan hanya tujuh orang yang akan dipilih.

Program ini tidak hanya bertujuan untuk menguji kemampuan bernyanyi dan menari para kontestan, tetapi juga kemampuan mereka untuk dapat menangani kehidupan yang sulit sebagai idola K-pop.

Terlepas dari tujuh trainee, yaitu Nayeon, Jeongyeon, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, dan Chaeyoung, di akhir acara, dua anggota yang awalnya dieliminasi, Momo dan Tzuyu, ditambahkan kembali ke dalam grup dan menjadikannya girl grup beranggotakan sembilan orang.

Grup ini memulai debutnya pada bulan Oktober 2015 di bawah JYP Entertainment dengan EP, 'The Story Begins'.

Setelah itu, tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk memenangkan hati publik di Korea Selatan dan Jepang.

Selama bertahun-tahun, Twice tidak hanya menjadi salah satu artis terlaris dan pemecah rekor, tetapi juga telah menjadi penerima berbagai penghargaan.

3 dari 6 halaman

2. MONSTA X

Dikenal dengan gaya musiknya yang agresif, dibentuk dengan memadukan unsur pop, hip hop, dan EDM, MONSTA X adalah boy group yang dibentuk melalui acara survival reality show Kpop berjudul 'No. Mercy'.

Program ini melibatkan 13 kontestan melalui sepuluh episode yang bersaing satu sama lain untuk dipilih di bawah daftar tujuh besar.

Setelah memulai debutnya di bawah Starship Entertainment sebagai band beranggotakan tujuh orang yang terdiri dari Shownu, Hyungwon, Minhyuk, Kihyun, Joohoney, dan I.M, mereka merilis empat album studio berbahasa Korea, tiga Jepang, dan tiga album studio berbahasa Inggris secara keseluruhan.

Salah satu membernya, Wonho keluar pada 2019 karena beberapa tuduhan hukum, tetapi grup ini terus berjalan dengan anggota lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Stray Kids

Jiwa musik Kpop generasi keempat, boy group Stray Kids dibentuk melalui acara survival reality show dengan judul yang sama dengan nama grupnya di bawah JYP Entertainment.

Di satu sisi, acara ini dapat dianggap sebagai sekuel dari program survival tahun 2015 'Sixteen,' tetapi alih-alih peserta wanita, acara ini berfokus pada peserta pelatihan pria yang diminta untuk bertahan hidup di acara tersebut sebagai sebuah kelompok daripada individu.

Tim ini harus mempersiapkan dan mengerjakan penampilan mereka sendiri mulai dari koreografi, vokal, dan rap.

Saat ini Stray Kids dari delapan anggota  Bang Chan, Lee Know, Han, Felix, Changbin, Hyunjin, Seungmin, dan I.N, tidak termasuk Woojin, yang telah memutuskan untuk keluar dari grup pada tahun 2019.

Dengan beberapa extended play, album studio, dan 20 single, Stray Kids telah meraih belasan penghargaan acara musik hingga saat ini.

5 dari 6 halaman

4. Seventeen

Dikenal sebagai grup idola yang memproduksi grup dan aspeknya secara sendiri, 'Seventeen' dibentuk melalui program reality bernama 'Seventeen Project: Debut Big Plan' pada tahun 2015.

Terdiri dari 13 anggota S.Coups, Jeonghan, Hoshi, Wonwoo, Joshua, Jun, Woozi, DK, Mingyu, Vernon, The8, Seungkwan, dan Dino.

Mereka mengkategorikan sub unit grup ke dalam tiga bagian Hip-Hop, Vokal, dan Leader, para anggota grup ini terlibat langsung dalam pembuatan musik mereka mulai dari penulisan lagu hingga koreografi.

Sejak debut mereka, grup ini telah menghasilkan album studio dan belasan EP, mereka disebut sebagai 'K-pop Performance Powerhouse', baik di dalam negeri maupun internasional.

6 dari 6 halaman

5. IKON

Dibentuk pada 2015, iKON tidak hanya harus melalui satu, tetapi dua survival reality show untuk akhirnya debut sebagai grup.

Yang pertama adalah program Mnet bernama 'WIN: Who Is Next' sebagai tim kedua pada tahun 2013 namun sayangnya kalah dari tim pertama.

Mereka mendapat kesempatan kedua dengan program lanjutan dari 'WIN: Who Is Next' berjudul 'Mix & Match' di mana kerja keras mereka terbayar, dan lineup akhir dari boy grup baru diputuskan.

Yunhyeong, Jinhwan, Bobby, Ju-ne, B.I, dan Donghyu, bersama dengan tambahan Chanwoo, membentuk grup musik tersebut.

Namun, terlepas dari kepergian pemimpin tim B.I, grup ini masih kuat sebagai band beranggotakan 6 orang.

Hingga saat ini, mereka telah merilis total tiga extended play dan tiga album studio, dua dalam bahasa Korea dan satu dalam bahasa Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.