Sukses

Selain Kecantikan, Ini Produk UMKM Paling Laris di E-Commerce

UMKM kini telah melebarkan sayapnya ke aplikasi e-commerce, membuat sejumlah produknya laku keras dan banyak diminati.

Liputan6.com, Jakarta - Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM sudah berkembang akhir-akhir ini. Hal tersebut juga tidak terlepas dari peran teknologi.

Saat pandemi COVID-19 menyerang, banyak kegiatan jual beli yang tidak dapat dilakukan secara langsung. Para penjual berbondong-bondong mencari cara lain agar tetap bisa menawarkan produknya kepada konsumen tanpa melanggar aturan protokol kesehatan.

Salah satu caranya yakni dengan memanfaatkan teknologi. Para penjual membuka toko mereka secara daring dengan mendaftarkannya ke aplikasi elektronik komersial atau e-commerce.

Karena hal itu, bahkan beberapa pelaku usaha mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dengan pembukaan toko online juga bisa membuat usahanya diakses oleh lebih banyak orang dibandingkan toko offline-nya yang memiliki akses lebih terbatas.

“Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi menawarkan berbagai peluang, di mana salah satu di antaranya adalah cara baru mengemas budaya lokal melalui kreativitas yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan masa kini,” ungkap Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna dalam acara Shopee 11.11 Big Sale: Ragam Rupa Budaya Lokal, Kamis (20/10/2022).

“Inisiatif ini dihadirkan dalam berbagai bentuk, termasuk pelaku usaha lokal yang menghadirkan unsur budaya dalam pilihan produk inovatif agar dapat diterima dengan mudah dengan masyarakat lintas generasi,” ia menyambung.

Nah, berikut beberapa kategori produk UMKM yang paling dicari di e-commerce.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kecantikan

Rupanya, banyaknya produk kecantikan lokal yang membuat masyarakat antusias untuk check out barang di keranjang aplikasi e-commerce mereka. Dari sini juga dapat dilihat bagaimana kreativitas serta ketekunan para pelaku UMKM untuk menghadirkan produk kecantikan yang aman dan diminati masyarakat.

Sabun cuci muka dan maskara menjadi produk lokal favorit yang paling banyak dibeli. Ini dapat menjadi peluang bagi para UMKM untuk promo 11.11 pada November mendatang untuk menawarkan beragam produk kecantikan terbaik mereka.

3 dari 4 halaman

2. Perlengkapan Rumah

Pandemi Covid-19 membuat banyak aktivitas dilakukan di rumah. Hal tersebut membuat orang menata rumah sedemikian rupa agar nyaman, baik untuk istirahat maupun bekerja.

Oleh karena itu, produk perlengkapan rumah menjadi tidak terpisahkan. Bahkan kategori perlengkapan rumah menjadi produk dengan kenaikan permintaan tertinggi di tengah pandemi. Diketahui, blender portabel dan sprei menjadi produk UMKM pilihan para pengguna dari kategori perlengkapan rumah ini.

4 dari 4 halaman

3. Makanan dan Minuman

Monica menuturkan, dari makanan dan minuman sendiri, di Indonesia yang paling diminati yaitu bakso goreng dan sambal siap saji. Kedua produk itu menjadi yang sering dicari oleh pengguna e-commerce tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.