Sukses

Menstruasi Hanya 1-2 Hari, Normal Atau Tidak?

Jika kamu mengalami periode lebih pendek yang berlangsung satu atau dua hari, hal itu menandakan pasti ada yang salah dengan kesehatan menstruasi kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu mengalami periode menstruasi yang berlangsung hanya satu atau dua hari, hal itu menandakan ada yang salah dengan kesehatan menstruasi kamu.

Siklus menstruasi tidak ubahnya seperti sebuah teka-teki. Kamu mungkin sudah mengantisipasi, tetapi sesuatu yang lain mungkin terjadi.

Hal ini terjadi karena panjang siklus menstruasi mungkin bervariasi dari bulan ke bulan, tergantung pada berbagai faktor yang berbeda.

Mengingat bahwa periode biasanya berlangsung antara 4 hingga 8 hari, untuk volume darah yang keluar adalah sekitar 20–60 mililiter per hari.

Apabila volume darah haid yang keluar kurang dari itu dan berlangsung secara terus menerus, maka bisa dikatakan bahwa kondisi tersebut tidak normal.

Perubahan siklus menstruasi yang tiba-tiba tersebut mungkin membuat kamu khawatir. Jadi, apakah kamu mengalami periode yang lebih pendek yang hanya berlangsung satu atau dua hari? Mari cari tahu mengapa bisa demikian.

Mengutip laman Health Shots, Senin (17/10/2022), Dr Asha Hiremath, Konsultan Ahli Obstetri, Ginekolog dan Ahli Bedah Laparoskopi Rumah Sakit Ibu Indiranagar, Bengaluru, menjelaskan tentang masalah siklus menstruasi yang lebih pendek dan alasan di baliknya.

Dr Hiremath mengatakan, “Bagi kamu yang mengalami siklus menstruasi yang pendek secara tiba-tiba, mungkin ada beberapa alasan yang menyebabkan hal yang sama. Banyak dari ini dapat diperbaiki sendiri. ”

Berikut adalah beberapa penyebab mengapa siklus haid kamu menjadi pendek:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Siklus Menstruasi Menjadi Pendek

1. Stres

Tingkat stres yang meningkat juga mengakibatkan menstruasi kamu hanya berlangsung beberapa hari, karena stres mempengaruhi hormon. Setelah tingkat stres kamu turun, lama menstruasi kamu kemungkinan besar akan kembali normal.

2. Latihan keras

Jika kamu telah berolahraga secara agresif, hal itu dapat mengakibatkan terhambatnya pelepasan hormon yang mengendalikan ovulasi, sehingga periode yang lebih pendek.

3. Obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu seperti pil pengontrol darah, pengencer darah, dan steroid, untuk beberapa nama, juga berpengaruh pada periode yang lebih pendek.

4. Penyakit lain

Kondisi medis seperti PCOS, tiroid, TBC rahim, dan penyakit menular seksual tertentu juga dapat mengganggu siklus menstruasi kamu.

5. Ovulasi yang buruk

Periode menstruasi yang lebih pendek juga bisa menjadi tanda ovulasi yang buruk. Ini dikenal sebagai anovulasi, dan mungkin menyebabkan menstruasi yang lebih ringan atau tidak teratur.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Jika Menstruasi Hanya Berlangsung Selama 1 atau 2 Hari?

Jika menstruasi kamu hanya berlangsung satu atau dua hari, tubuh kamu mungkin tidak membuat cukup estrogen, yang diperlukan untuk membangun endometrium, yang hilang selama periode ketika tidak ada kehamilan.

“Jika ada kekurangan estrogen dalam tubuh Anda, endometrium tidak akan cukup tebal dan karenanya aliran darah akan sedikit. Periode yang lebih pendek juga bisa berarti bahwa menstruasi Anda belum teratur jika Anda baru saja memasuki masa pubertas karena butuh waktu untuk menyeimbangkan hormon Anda, terutama estrogen, ” Dr Hiremath menjelaskan.

Jika kamu berusia di atas 45 tahun dan hanya mengalami menstruasi yang berlangsung satu atau dua hari, maka itu juga bisa menjadi tanda mendekati menopause.

4 dari 5 halaman

Siklus Menstruasi Normal

Dr Hiremath mengatakan, “Siklus menstruasi setiap wanita berbeda dalam hal durasi dan konsistensi. Padahal siklus menstruasi yang dianggap normal berkisar antara 4 hingga 8 hari.”

Kemudian, untuk volume darah yang keluar adalah sekitar 20–60 mililiter per hari. Apabila volume darah haid yang keluar kurang dari itu dan berlangsung secara konsisten, maka dapat dikatakan bahwa kondisi tersebut tidak normal.

Jangan panik jika menstruasi kamu jarang berlangsung lebih dari dua hari, terutama jika menstruasinya teratur dan alirannya tidak terlalu deras atau ringan. Siklus menstruasi yang khas harus 28 hari, meskipun siklus dapat berkisar antara 28 dan 40 hari.

Namun, jika kondisi siklus darah haid yang memendek dibiarkan terus berlanjut, bukan tidak mungkin tingkat kesuburan wanita yang mengalaminya juga akan mengalami gangguan.

Oleh sebab itu, jika kamu mengalami keluhan terkait siklus menstruasi, jangan tunda untuk segera memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter. Seorang ginekolog akan dapat menentukan dengan tepat penyebab masalah sehingga langkah-langkah yang tepat dapat diambil untuk membalikkannya segera.

 

5 dari 5 halaman

5 Tips Untuk Menjaga Siklus Menstruasi yang Sehat

1. Hindari stres

Jangan biarkan stres mengacaukan kamu. Selalu berlatih meditasi atau yoga untuk mengatasi masalah ini.

2. Tidur nyenyak

Tidur nyenyak sangat penting. Cobalah untuk tidur lebih awal dan tidur yang cukup. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, jika siklus tidur Kamu sehat, dapat membantu menjaga siklus menstruasi.

3. Ikuti diet sehat

Untuk siklus menstruasi yang teratur, kamu perlu fokus pada diet. Cobalah untuk memasukkan semua vitamin dan mineral penting dalam diet kamu sehingga mereka dapat membantu bersama-sama mengelola hormon.

4. Olahraga

Untuk mengatur siklus, sangat penting bagi kamu untuk menggerakkan tubuh. Sebuah studi dalam Journal of Education and Health Promotion menemukan bahwa olahraga teratur dapat membantu menghindari obesitas, menjaga keseimbangan hormon, dan menghasilkan menstruasi yang teratur.

5. Hindari makan berlebihan

Sebagian besar waktu, penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur adalah pola makan Anda. Jadi jangan lewatkan waktu makan kamu, hindari junk food, jangan pesta makan atau makan berlebihan, dan yang terpenting perhatikan kekurangan gizi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.