Sukses

6 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan, Bantu Atasi Depresi

Liputan6.com, Jakarta - Cokelat menjadi salah satu makanan yang paling disukai banyak individu. Terlepas dari bagaimana Anda menyukainya sebagai camilan, secangkir cokelat panas yang beruap, atau sebagian kue cokelat yang nikmat, cokelat akan membawa kegembiraan.

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa cokelat hitam yang tidak diproses sebenarnya sangat bergizi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang didapat tubuh jika makan cokelat hitam, seperti melansir dari Pinkvilla, Kamis (28/7/2022).

1. Membantu mengobati Depresi dan gejalanya

Terlepas dari kenikmatan makan cokelat, cokelat hitam sebenarnya memiliki kekuatan untuk mengurangi risiko yang terkait dengan depresi.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sekitar 24 gram cokelat setiap hari bisa bekerja sebaik antidepresan. Itu karena cokelat hitam kaya akan flavonoid dan flavonoid diketahui efektif meningkatkan mood, menyalurkan energi dan memicu dopamin.

Sebuah studi oleh National Health and Nutrition Examination Survey menyatakan makan cokelat hitam dalam jumlah sedang sehari bahkan bisa mengurangi tanda dan gejala depresi klinis.

2. Membantu pencegahan diabetes

Cokelat hitam tanpa pemanis sebenarnya berfungsi untuk mencegah diabetes. Cokelat hitam kaya akan polifenol yang penuh dengan sifat antioksidan dan bekerja untuk membangun resistensi insulin yang signifikan.

Oleh karena itu, cokelat hitam memiliki kapasitas untuk mengontrol kadar gula darah dan membantu dalam pengelolaan pencegahan diabetes tipe 2.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan individu yang mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang cenderung tidak mengidap diabetes.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Selain melepaskan banyak hormon bahagia, cokelat hitam juga mampu membuat kulit kita bahagia. Cokelat hitam dibanjiri dengan nutrisi dan mineral seperti vitamin A, B1, C, D dan E bersama dengan zat besi, kalsium, tembaga, magnesium, mangan, selenium dan seng.

Selain itu, cokelat hitam kaya akan antioksidan. Antioksidan bekerja untuk melindungi kulit dari sinar UV sambil menenangkan kemerahan atau noda.

Cokelat hitam juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan dibanjiri dengan sifat anti-inflamasi yang secara efektif bekerja untuk menyembuhkan iritasi pada kulit.

 

3 dari 4 halaman

4. Meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah kehilangan memori

Cokelat hitam yang kaya akan kakao diketahui bermanfaat bagi otak. Penelitian telah menunjukkan cokelat hitam merangsang perasaan senang serta gembira yang pada gilirannya bekerja untuk meningkatkan suasana hati, menghilangkan stres dan meningkatkan produktivitas.

Studi lain membuktikan bahwa makan cokelat hitam memiliki hubungan langsung dengan peningkatan memori, kognisi dan suasana hati.

Faktanya, cokelat hitam dikatakan memiliki efek yang sangat menguntungkan pada sistem pembuluh darah. Konsumsi cokelat hitam secara konsisten tapi moderat sebenarnya bisa meningkatkan alirah darah di tubuh dan otak.

Ini menunjukkan cokelat hitam juga memiliki manfaat neuroprotektif yang bisa mencegah penyakit kognitif seperti Alzheimer dan demensia.

4 dari 4 halaman

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cokelat hitam mengandung flavonol yang diketahui bisa meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Itu karena cokelat hitam kaya akan anti-oksidan yang berarti mereka bekerja untuk melawan radikal bebas dan yang membantu dalam perlindungan dan pencegahan beberapa penyakit umum.

6. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda telah mengonsumsi cokelat hitam tanpa pemanis dan paling sedikit diproses, itu sebenarnya bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Cokelat hitam memberikan asam lemak tak jenuh tunggal ke tubuh kita secara efektif bekerja untuk meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori dengan cepat.

Selain itu, jika Anda berhasil makan sekitar 20 menit sebelum makan, itu benar-benar berfungsi untuk mengekang mengidam makanan. Bahkan, itu juga dikenal untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit, oleh karena itu mempromosikan latihan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS