Sukses

6 Manfaat Mangga untuk Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan hingga Mendukung Kesehatan Jantung

Liputan6.com, Jakarta - Mangga tidak hanya enak dan menggugah selera, tapi juga bergizi dan sehat. Namun, banyak individu belum menyadari bahwa ada banyak manfaat kesehatan dari mangga, cinta Anda terhadap buah yang lezat ini akan meningkat berlipat ganda.

Oleh karena itu, berikut beberapa manfaat kesehatan luar biasa yang didapat dari mangga, seperti melansir dari Pinkvilla, Sabtu (16/7/2022).

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat kesehatan utama dari mangga adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mangga kaya akan vitamin A, vitamin C, tembaga, vitamin E, folat dan beberapa vitamin B, yang semuanya merupakan nutrisi penambah kekebalan dan membantu mencegah penyakit.

Vitamin dan nutrisi ini membantu tubuh meningkatkan sistem pertahanan dan menangkal penyakit.

2. Membantu pencernaan

Mangga mengandung amilase, sekelompok enzim pencernaan yang membantu tubuh memecahkan molekul makanan besar untuk penyerapan makanan yang lebih baik.

Selain itu, kandungan air dan serat makanan mangga membantu mengatasi masalah pencernaan.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa makan mangga setiap hari membantu individu dengan gejala sembelit kronis.

3. Mendukung kesehatan jantung

Salah satu manfaat kesehatan yang paling menakjubkan dari mangga adalah menjaga kesehatan jantungmu.

Mangga adalah sumber yang kaya akan magnesium, antioksidan, potassium, dan vitamin K, yang semuanya melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan juga meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Selain itu, mangga bisa meningkatkan aliran darah yang sehat, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga jantung terlindungi dari peradangan dan stres oksidatif.

Kandungan mangiferin dan antioksidan juga dikenal bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

4. Mengurangi peradangan kulit

Biji mangga dan kulit mangga memiliki mangiferin antioksidan kuat yang melawan peradangan dan menyembuhkan kulit dari dalam.

Seseorang bisa menggunakan minyak biji mangga, atau bubuk ekstrak mangga dengan cara yang berbeda untuk memerangi masalah peradangan kulit.

5. Menjaga kesehatan mata

Mangga memiliki dua antioksidan utama yang disebut zeaxanthin dan lutein yang melindungi mata dari sinar UV dan cahaya biru.

Selain itu, mangga juga dikemas dengan itamin A, nutrisi utama yang mendukung kesehatan mata.

Kekurangan vitamin A dalam tubuh bisa menyebabkan sindrom mata kering, masalah penglihatan, kebutaan malam hari, dan bahkan jaringan parut pada kornea, jadi makanlah mangga matang untuk mencegah masalah yang berhubungan dengan mata.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat lainnya

6. Membuatmu terhidrasi

Jika ada satu tips yang selalu kita dapatkan dari dokter dan ahli gizi, yakni minum air putih minimal delapan sampai sepuluh gelas setiap hari.

Tanpa air, kita tidak bisa bertahan hidup untuk waktu yang lama dan sangat penting untuk menjaga diri kita tetap terhidrasi agar tetap sehat dan bahagia.

Salah satu manfaat mangga yang luar biasa adalah menambah asupan cairan dan membuat kita makin terhidrasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS