Sukses

Bantu Tidur Lebih Cepat hingga Baik untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Mandi di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Mandi menjadi kebutuh pokok setiap orang. Mulai dari bayi, remaja, dewasa hingga orangtua tentu perlu mandi. Tak hanya agar tubuh wangi, mandi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Ahli dermatologis merekomendasikan kita untuk menghabiskan sekitar 5 sampai 10 menit sehari di kamar mandi. Sementara beberapa dari kita tidak dapat membayangkan menghadapi hari tanpa mandi pagi, yang lain lebih memilih untuk menghilangkan stres usai beraktivitas seharian dengan mandi di malam hari.

Memang banyak orang yang lebih memilih untuk mandi di pagi atau sore hari. Namun meskipun waktu Anda mandi tergantung pada preferensi pribadi Anda sendiri, mereka yang memilih untuk melakukannya di malam hari sebenarnya dapat mendapat lebih banyak manfaat kecantikan dan kesehatan.

Rupanya, ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika mandi di malam hari bagi kesehatan dan penampilanmu. Dilansir dari Brightside, berikut ulasannya.

1. Membantu Lebih Cepat Tidur

Mandi malam membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, dan ketika Anda melakukannya pada waktu yang tepat, itu juga dapat memberi Anda waktu tidur yang lebih baik.

Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu Anda tertidur sekitar 10 menit lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

2. Baik untuk Kulit

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu mencegah jerawat. Rambut mengumpulkan bakteri dan penumpukan produk sepanjang hari, dan saat kepala Anda menyentuh bantal, semua kotoran ini dipindahkan ke sarung bantal Anda, dan kemudian ke wajah Anda. Karena kulit beregenerasi saat tidur, tidur dengan kulit bersih dan segar juga berarti sel-sel kulit baru Anda akan sehat.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Buat Rambut Lebih Sehat

Jika Anda keramas atau mencuci rambut di malam hari, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengeringkannya secara alami. Ini, pada gilirannya, akan membuat rambut Anda berkilau lebih lama, karena membantu mengunci kelembaban. Mengeringkan rambut dengan cepat di pagi hari dapat merusak helaian rambut, membuatnya lemah dan kusam.

4. Mencegah Kram Otot

Jika otot Anda terasa nyeri di sore hari setelah seharian bekerja, mandi air hangat dapat membantu meredakan sensasi yang tidak menyenangkan itu. Saat air hangat mengenai tubuh Anda, ini membantu menenangkan ketegangan otot dan meningkatkan tidur malam yang lebih baik. Mandi air hangat juga dapat mencegah kram kaki di malam hari, suatu kondisi umum yang mempengaruhi hingga 60 persen orang.

5. Atasi Keringat Berlebih

Meskipun mandi pagi adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi hari, mandi di malam hari sebenarnya dapat membantu Anda mencegah bau badan. Mandi air dingin sebelum tidur dapat membantu mengurangi keringat di malam hari yang diidap banyak individu.

3 dari 3 halaman

4 Efek yang Terjadi Pada Tubuh Jika Berhenti Pakai Spons Saat Mandi

Segelintir individu memilih mandi menggunakan spons mandi. Spons atau loofah masuk dalam beberapa produk favorit yang banyak digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan diri harianmu.

Menggunakan spons saat mandi memang akan membersihkan kotoran dan sel kulit mati di tubuh. Meskipun menggunakan loofah yang alami dan organik, loofah sebenarnya tidak sepenuhnya aman untuk digunakan setiap hari, dan itu bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan dari waktu ke waktu.

Untuk itu, ketahui apa saja efek bagi tubuh jika Anda berhenti menggunakan spons saat mandi, seperti melansir dari Bright Side, Minggu (1/4/2022).

1. Kulit terlihat bersih

Meskipun spons atau loofah dimaksudkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulitmu halus dan lembut, tapi spons malah bekerja sebaliknya.

Karena spons sangat berpori, spons dengan mudah menjebak sel-sel kulit yang baru saja dikeluarkan dari tubuhmu, menjadi lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak.

Karena spons digunakan dan disimpan di kamar mandi basah, spons tidak pernah benar-benar kering, yang menciptakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk organisme jamur yang bisa menyebabkan infeksi kulit.

2. Membantu mencegah iritasi kulit

Tidak diragukan lagi, spons bisa secara efektif menggosok kulitmu, tapi melakukannya terlalu sering dan terlalu keras justru bisa menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Serat spons mandi yang kasar dan rapuh bisa terlalu abrasif untuk kulitmu dan bisa merusaknya seiring waktu. Jika Anda menggunakan spons setiap kali mandi, itu bisa mengiritasi kulit dan membuatnya menjadi lebih sensitif dan tampak kemerahan.

3. Membantu luka bakar cepat sembuh 

Cara tercepat dan termudah untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan di kaki dan tangan yakni dengan mencukurnya. Namun, mencukur sering kali menyebabkan luka bakar akibat pisau cukur yang menyakitkan yang membutuhkan waktu untuk sembuh.

Meskipun pengelupasan kulitmu bisa membantu mencegah rambut tumbuh ke dalam, lebih baik hindari menggunakan spons selama beberapa hari setelah Anda bercukur.

Lagi pula, ada banyak bakteri di dalam pori-pori sponsmu, dan itu bisa masuk ke kulitmu melalui luka kecil yang tersisa setelah bercukur.

4. Mencegah paparan bakteri

Saat Anda keluar dari kamar mandi dan menjemur loofah di sana, lingkungan kamar mandi yang lembap menciptakan kondisi yang sempurna bagi bakteri berbahaya untuk berkembang biak.

Jika Anda tidak menyimpan dan mengeringkannya dengan benar, sponsmu bisa menumbuhkan bakteri berbahaya yang disebut E. coli.

Paparan E.coli bisa menyebabkan beberapa gejala yang mengganggu, termasuk sakit perut dan mual, dan bahkan bisa menyebabkan muntah.