Sukses

6 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Mental Anda

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan mental menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi setiap individu. Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial kita.

Kesehatan mental mempengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak saat kita menghadapi hidup. Ini juga membantu menentukan bagaimana kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan. 

Kesehatan mental penting pada setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak dan remaja hingga dewasa bahkan lanjut usia. Kesehatan mental penting karena dapat membantu Anda untuk mengatasi tekanan hidup, memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, bekerja secara produktif serta berkontribusi bagi lingkungan sekitar.

Lantas bagaimana cara untuk menjadi agar mental kita tetap sehat? Ada banyak hal berbeda yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Dilansir dari Medineplus, Jumat (21/4/2022), berikut ulasannya:

1. Tetap positif

Sangat penting untuk mencoba memiliki pandangan positif; beberapa cara untuk melakukannya termasuk dengan menemukan keseimbangan antara emosi positif dan negatif. Tetap positif bukan berarti Anda tidak pernah merasakan emosi negatif, seperti sedih atau marah. 

Anda perlu merasakannya sehingga Anda dapat melewati situasi sulit. Mereka dapat membantu Anda untuk menanggapi suatu masalah. Tapi Anda tidak ingin emosi itu mengambil alih. Misalnya, tidak ada gunanya terus memikirkan hal-hal buruk yang terjadi di masa lalu atau terlalu mengkhawatirkan masa depan.

Anda juga bisa berhenti sejenak dari informasi negatif. Gunakan media sosial untuk mencari dukungan dan merasa terhubung dengan orang lain, tetapi berhati-hatilah. Jangan terpengaruh rumor, berdebat, atau membandingkan hidup Anda dengan orang lain secara negatif.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara jaga kesehatan mental selanjutnya

2. Bersyukur

Bersyukur atas hal-hal baik dalam hidup Anda sangat penting. Anda bisa melakukannya setiap hari, baik dengan memikirkan apa yang Anda syukuri atau menuliskannya dalam jurnal. 

Ini bisa berupa hal-hal besar, seperti dukungan yang Anda dapatkan dari orang-orang terkasih, atau hal-hal kecil, seperti menikmati makanan enak. Penting untuk memberi diri Anda waktu sejenak untuk menikmati bahwa Anda memiliki pengalaman positif. 

Mempraktikkan rasa syukur dapat membantu Anda melihat hidup Anda secara berbeda. Misalnya, ketika Anda stres, Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada saat-saat ketika Anda memiliki beberapa emosi positif. Rasa syukur dapat membantu Anda mengenali mereka.

3. Menjaga kesehatan fisik 

Kesehatan fisik dan mental Anda saling berhubungan. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan fisik Anda antara lain dengan aktif berolahraga. Olahraga dapat mengurangi perasaan stres dan depresi serta meningkatkan mood Anda.

Tidur yang cukup juga tak kalah penting. Tidur mempengaruhi suasana hati Anda. Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang baik, Anda mungkin menjadi lebih mudah kesal dan marah. Dalam jangka panjang, kurang tidur yang berkualitas dapat membuat Anda lebih cenderung menjadi depresi. Jadi, penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki jadwal tidur yang teratur dan mendapatkan kualitas tidur yang cukup setiap malam.

Makan sehat juga jangan dilupakan. Nutrisi yang baik akan membantu Anda merasa lebih baik secara fisik tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan dan stres. 

Juga, tidak memiliki cukup nutrisi tertentu dapat menyebabkan beberapa penyakit mental. Misalnya, mungkin ada hubungan antara kadar vitamin B12 yang rendah dan depresi. Makan makanan yang seimbang dapat membantu Anda mendapatkan cukup nutrisi yang Anda butuhkan.

3 dari 3 halaman

Cara jaga kesehatan mental selanjutnya

4. Terhubung dengan orang lain

Manusia adalah makhluk sosial, dan penting untuk memiliki hubungan yang kuat dan sehat dengan orang lain. Memiliki dukungan sosial yang baik dapat membantu melindungi Anda dari bahaya stres. Juga baik untuk memiliki berbagai jenis koneksi. 

Selain terhubung dengan keluarga dan teman, Anda dapat menemukan cara untuk terlibat dengan komunitas atau lingkungan Anda. Misalnya, Anda dapat menjadi sukarelawan untuk organisasi lokal atau bergabung dengan grup yang berfokus pada hobi yang Anda sukai.

5. Meditasi

Meditasi merupakan latihan pikiran dan tubuh di mana Anda belajar memusatkan perhatian dan kesadaran Anda. Ada banyak jenis, termasuk meditasi kesadaran dan meditasi transendental.

Meditasi biasanya melibatkan lokasi yang tenang dengan gangguan sesedikit mungkin. postur yang spesifik dan nyaman, ini bisa berupa duduk, berbaring, berjalan, atau posisi lain.

6. Relaksasi 

Teknik relaksasi adalah latihan yang Anda lakukan untuk menghasilkan respons relaksasi alami tubuh Anda. Ini memperlambat pernapasan Anda, menurunkan tekanan darah Anda, dan mengurangi ketegangan otot dan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.