Sukses

5 Cara untuk Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

Berikut ini agar Anda tetap sehat selama puasa Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat selama Ramadhan. Tetapi, hal terbesar yang dapat Anda lakukan selama bulan suci adalah memastikan Anda memberikan nutrisi pada tubuh Anda dengan makanan yang sehat dan berkualitas tinggi.

Ini berarti makan banyak buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Cobalah untuk tidak membiarkan kenyamanan dan rasa lapar menguasai Anda ketika memilih apa untuk berbuka puasa.

Untuk mencegah memilih makanan yang tidak sehat, Anda bisa mencoba membuat daftar menu sehat sesuai kesukaan Anda untuk bulan puasa. Berikut adalah beberapa tips lain untuk tetap sehat selama Ramadhan seperti dihimpun dari Feelgoodfoodie.net:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan meninggalkan sahur

Ini adalah makanan yang dimakan sebelum fajar. Ini dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak nutrisi dalam tubuh Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Makanlah dengan seimbang

Pastikan masing-masing dari dua makanan termasuk karbohidrat kompleks, makanan berserat tinggi, dan makanan kaya protein. Makanan seimbang ini akan membantu Anda mengisi kembali energi Anda.

 

4 dari 6 halaman

3. Minum banyak cairan

Anda juga dapat melakukannya dengan makan buah atau sup yang padat air. Tujuannya adalah untuk mengonsumsi setara dengan 8 gelas air untuk menghindari dehidrasi. Juga, cobalah untuk membatasi kafein, yang dapat merangsang kehilangan air.

 

5 dari 6 halaman

4. Kurangi makanan olahan

Makanan olahan dan yang mengandung karbohidrat olahan seperti gula dan tepung putih, mereka tidak memiliki banyak nutrisi dan tidak akan memberi Anda energi dan nutrisi yang diinginkan tubuh Anda.

 

6 dari 6 halaman

5. Buka puasa Anda dengan kurma dan air

Rata-rata porsi kurma memiliki 31 gram karbohidrat. Itu akan memberi Anda jumlah energi yang tepat setelah seharian berpuasa. Mereka memiliki tingkat serat yang tinggi untuk pencernaan, dan dikemas dengan potasium, magnesium, dan Vitamin B.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.