Sukses

4 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengatasi Stres

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres.

Liputan6.com, Jakarta - Stres merupakan respons alami yang dirasakan setiap individu ketika berada dalam situasi yang dianggap berat. Dalam hal ini, stres yang dirasakan seseorang harus segera diatasi.

Ketika stres tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, kondisi kesehatan bisa terganggu. Beberapa gangguan kesehatan yang umum dialami seseorang ketika stres adalah penyakit asam lambung, GERD, maupun sakit kepala.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Beberapa kegiatan di bawah ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah baik sendiri maupun bersama orang lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mewarnai

Saat kecil, mewarnai menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Ada banyak buku khusus mewarnai yang dijual di toko buku untuk anak-anak. Aktivitas ini tidak hanya diperuntukkan untuk anak-anak, namun juga bisa dilakukan oleh orang dewasa.

Anda bisa melakukannya untuk mengatasi stres. Dikutip dari Asia One, Selasa (29/3/2022), mewarnai telah terbukti dalam mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

3 dari 5 halaman

2. Berkebun

Berkebun bisa menjadi hobi baru Anda untuk mengurangi stres. Anda bisa memulainya di halaman rumah dengan menyediakan beberapa pot kecil. Ada banyak pilihan tumbuhan yang bisa Anda tanam di dalam pot. Mulai dari tanaman hias hingga sayuran.

Manfaat dari aktivitas ini adalah Anda bisa mendapatkan udara segar dan paparan sinar matahari pagi yang bisa menenangkan pikiran. Berkebun juga bisa membuat Anda menjadi lebih menghargai lingkungan.

4 dari 5 halaman

3. Membuat Kue

Membuat kue bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengatasi stres. Anda bisa mencobanya saat akhir pekan serta membuat kue favorit.

Anda juga bisa dengan mudah mengikuti berbagai resep dari juru masak favorit di media sosial. Hal yang paling menyenangkan adalah Anda bisa menikmati hasil yang telah dibuat.

5 dari 5 halaman

4. Menonton Film atau Serial

Aktivitas ini mungkin banyak dilakukan bagi seseorang yang sedang mengalami stres. Menonton film atau serial bisa menjadi pilihan untuk melupakan masalah yang membuat Anda stres. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.