Sukses

Ketahui 7 Pemikiran Salah yang Bikin Anda Susah Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa individu memiliki kehidupan yang bergelimang harta, sedangkan yang lainnya tidak?

Ada dua sudut pandang berbeda dalam memahami situasi ini. Pertama adalah orang yang hanya meratapi keadaan di mana mereka dilahirkan, dan yang kedua ada pada orang yang berusaha setiap hari untuk merubah keadaan.

Sebagai contoh, ternyata masih banyak individu yang tidak melakukan apa-apa karena merasa bahwa suatu hari ‘waktunya akan tiba’, dan percaya bahwa kekayaan adalah masalah keberuntungan ilahi.

Namun, jika dipikirkan kembali, keberhasilan dalam arti ‘kebebasan finansial’ merupakan masalah kebiasaan dan usaha seseorang untuk mencapai posisi tersebut.

Berikut tujuh kebiasaan yang bikin Anda tidak pernah kaya hingga saat ini, seperti dilasir dari Themakingofmillionaire, Jumat (25/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Takut mencoba hal baru dan lebih suka terjebak di zona nyaman

Meski takut, coba deh sesekali untuk menjelajahi pemikiran di luar zona nyaman Anda. karena semakin nyaman Anda berada dalam kepompong kecil itu, maka semakin sedikit pula peluang yang akan datang kepadamu. 

Begitu merasa nyaman, Anda akan berhenti tumbuh. Ketakutan sesaat itu bisa mengacaukan hidup Anda selamanya. Jika mau tumbuh, Anda harus mengambil risiko dan membuat kesalahan agar terus belajar, kemudian berkembang pesat.

3 dari 8 halaman

2. Tak memiliki tujuan untuk uang yang Anda miliki

Cara terbaik untuk menghasilkan uang adalah dengan memiliki tujuan untuk uang itu sendiri. Pikirkan tujuan meski uang belum Anda miliki sekarang. Dengan begitu, Anda akan berusaha lebih banyak untuk mencapainya dan tidak menghabiskan uang untuk hal yang tidak perlu.

Tulis atau susun tujuan Anda, apakah untuk membeli mobil, rumah, atau keliling dunia.

4 dari 8 halaman

3. Berpikir satu sumber pendapatan sudah cukup

Hidup dengan gaji karyawan adalah suatu keharusan bagi pemikiran mayoritas. Tapi, jika hidup tanpa mencari sumber pengahasilan lain berarti Anda tidak memiliki cita-cita atau tujuan yang berkembang.

Meskipun Anda kaya secara finansial dengan gaji sekarang, namun memiliki sumber pendapatan yang berbeda memungkinkan Anda untuk mencapai tingkat kemandirian finansial atau kekayaan jangka panjang untuk kedepannya.

5 dari 8 halaman

4. Berpikir suatu saat Anda akan kaya

Segala sesuatu yang terjadi padamu adalah hasil dari tindakan Anda sendiri. Berpikir bahwa menjadi kaya adalah keberuntungan, itu berarti Anda tidak ingin bekerja atau mengambil risiko untuk mencapai apapun.

Orang menjadi kaya melalui ribuan keputusan dan tindakan yang strategis. Orang kaya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan keterampilan, membangun reputasi, dan menciptakan nilai sebelum mereka dibayar. Bukan hanya menunggu dan berandai-andai jika kaya suatu saat nanti.

6 dari 8 halaman

5. Kredit menjadi solusi mudah untuk mendapatkan barang mewah

Orang yang tidak pernah mendapatkan kesehatan finansial adalah orang yang membelanjakan semua hal melebihi penghasilan yang mereka peroleh. Jika Anda ingin hidup miskin sepanjang hidup, maka habiskanlah limit kartu kredit untuk kebutuhan yang sia-sia.

Jika Anda ingin menghentikan pengeluaran, mulailah melacak ke mana uang itu pergi. Buat anggaran realistis yang bisa memastikan seluruh uang yang Anda hasilkan cukup untuk membayar tagihan dan investasi.

7 dari 8 halaman

6. Memilih untuk menyimpan uang dari pada memanfaatkannya

Memang tidak mudah untuk mengikhlaskan uang untuk sesuatu yang belum pasti. Tapi rata-rata orang sukses bisa meraih pundi uang karna mereka berani keluar dari zona nyaman.

Alih-alih menyimpan uang, mereka justru memilih untuk memanfaatkan uang tersebut untuk hal lain, seperti membuka usaha atau membeli emas, tanah dan rumah sebagai bentuk investasi.

8 dari 8 halaman

7. Percaya dengan penghasilan uang instan (berjudi)

Perjudian adalah sistem yang bisa membuat orang merasa beruntung sekaligus membuat putus asa karena kehilangan uang.

Judi bersifat tidak pasti, jika Anda terjebak dalam situasi ini, kemungkinan hidup jadi orang kaya akan menjadi khayalan belaka.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS