Sukses

Wajib Diperhatikan, Jangan lakukan 5 Hal Ini Usai Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang melakukan aktivitas fisik atau olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Banyak pula orang yang berolahraga untuk menurunkan berat badan. 

Sayangnya tak sedikit orang yang melakukan hal-hal yang membuat manfaat dari olahraga tersebut tak maksimal. Dilansir dari Onehealthclubs, Jumat (28/1/2022), berikut ini deretan yang wajib dihindari usai berolahraga.

1. Jangan Lewatkan Pendinginan

Pendinginan jelas merupakan bagian termudah dari olahraga, namun paling sering dilewati. Apapun alasannya, jika Anda terburu-buru keluar dari gym setelah berolahraga, Anda kehilangan bagian penting dari proses pemulihan usai berolahraga.

Ketika Anda tidak melakukan pemulihan otot dengan pendinginan atau peregangan yang tepat, cedera dapat terjadi. Mengetahui cara melakukan peregangan dengan benar untuk tubuh Anda adalah kuncinya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Tidak Langsung Lepas Pakaian Olahraga

Setelah olahraga jangan lupa untuk segera melepas pakaian olahraga Anda sesegera mungkin. Berdiam diri dengan pakaian berkeringat berpotensi membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda, itu bisa membuat Anda berisiko terkena infeksi kulit atau jamur.

Bahkan, jika pakaian Anda mengering usai berolahraga, bau dan bakteri tetap ada.

3 dari 5 halaman

3. Konsumsi Makanan yang Salah

Anda baru saja membakar banyak kalori usai berolahraga. Untuk membantu pemulihan, Anda pasti ingin memberi tubuh Anda nutrisi dalam waktu 30 menit setelah berolahraga. Tapi itu tidak berarti Anda harus makan pizza, donat, atau makanan olahan yang buruk untuk Anda.

Makan setelah berolahraga adalah tentang mengganti kalori yang telah Anda habiskan. Sangat penting untuk mengisi kembali glikogen dan elektrolit yang telah habis selama latihan Anda.

Makan protein setelah berolahraga adalah suatu keharusan untuk pemulihan otot terutama setelah latihan beban. Jika Anda tidak makan setelah berolahraga, Anda bisa kelelahan, melawan gula darah rendah, dan menghambat proses perbaikan tubuh Anda.

4 dari 5 halaman

4. Tidak Minum Banyak Air

Penting untuk terus minum air setelah latihan Anda selesai. Air menghidrasi semua bagian tubuh.

Ketika sel-sel tubuh tidak terhidrasi dengan baik, mereka tidak dapat bekerja. Juga, hidrasi yang tepat setelah berolahraga dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi nyeri sendi.

5 dari 5 halaman

5. Minum Alkohol

Alkohol tidak baik untuk Anda. Dan minum alkohol segera setelah berolahraga adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk tubuhmu. Ini akan memperlambat pemulihan Anda, dan mengurangi manfaat dari latihan Anda.