Sukses

Jangan Dulu Berolahraga Bila dalam 6 Kondisi Berikut

Ada beberapa alasan Anda boleh tidak berolahraga untuk sementara waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Rutin berolahraga memang membawa banyak dampak baik bagi kesehatan tubuh. Namun, sebaik apapun manfaat olahraga, ada kalanya Anda perlu menunda latihan tersebut.

Dilansir dari Self, berikut adalah enam kondisi di mana sebaiknya Anda menunda olahraga atau mengurangi intensitasnya:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kurang tidur

Tidur cukup adalah hal penting bagi kebugaran tubuh. Namun, saat tubuh kurang tidur hal itu bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan. Jika kurang tidur sebaiknya penuhi dulu kebutuhan itu lalu berolahraga.

"Olahraga adalah stres fisik yang diterapkan pada tubuh, dan otot menjadi lebih kuat pada periode setelah latihan ketika tubuh memperbaiki kerusakan," jelas ahli fisiologi olahraga Pete McCall, pembawa acara podcast All About Fitness.

Berolahraga saat Anda sangat lelah memiliki peluang lebih besar untuk melukai diri sendiri. 

"Terlalu banyak kelelahan dapat mengurangi keterampilan motorik dan meningkatkan risiko cedera, terutama di kelas berbasis gerakan seperti Zumba, kickboxing, atau CrossFit," kata McCall.

McCall merekomendasikan untuk memilih tidur siang sebagai ganti jam tidur jika Anda memiliki waktu tidur kurang dari lima jam.

"Kurang dari lima jam tidur dapat mempengaruhi waktu reaksi dan fungsi kognitif, yang keduanya sangat penting untuk kinerja yang optimal selama latihan," jelasnya.

3 dari 6 halaman

2. Cedera

Jika Anda sakit pada hari setelah latihan yang berat, olahraga sebenarnya dapat membantu Anda pulih dengan meningkatkan sirkulasi , yang mempercepat penyembuhan, menurut McCall. Namun, cedera adalah cerita yang sama sekali berbeda. 

"Nyeri adalah tanda fisik bahwa ada sesuatu yang salah. Terlalu banyak gerakan dapat menempatkan banyak tekanan pada jaringan dan mencegahnya sembuh dengan benar," jelasnya. 

Tidak hanya berisiko mengalami cedera lebih lanjut, tetapi Anda juga dapat melukai otot atau persendian lain saat tubuh Anda mencoba mengimbanginya. 

"Otot yang terluka akan meradang. Ini akan mencegahnya bekerja dengan baik dan dapat mengubah cara fungsi sendi yang menempel," kata McCall. 

"Mencoba mengatasi nyeri otot bisa menyebabkan bagian tubuh lain terluka, jadi tidak ada gunanya. Biarkan sembuh, dan jika sakit setelah istirahat lebih dari beberapa hari, temui dokter."

4 dari 6 halaman

3. Sakit

"Demam merupakan indikasi bahwa tubuh bekerja keras untuk mengalahkan penjajah asing," kata McCall.

Jika Anda sedang menghadapi sakit, tubuh mengerahkan energinya untuk menjadi lebih baik, bukan menghadapi stres karena olahraga. Plus, Anda tidak ingin menyebarkan virus dan kuman pada orang lain, bukan?

"Merasa sakit adalah indikasi bahwa ada sesuatu yang salah, jadi dengarkan tubuh Anda dan hormati itu. Lebih baik mengambil istirahat dua hingga empat hari dan pulih sepenuhnya daripada menderita penyakit yang berkepanjangan untuk waktu yang lama," kata McCall.

4. Anda baru saja berobat ke dokter kulit.

"Saya meminta pasien saya untuk menunggu 24 jam sebelum berolahraga setelah perawatan suntik seperti filler atau botox, dan juga setelah banyak laser, microneedling, atau perawatan lain yang dapat merusak permukaan kulit untuk sementara," kata dokter kulit Jessica Krant MD, pendiri Seni Dermatologi di NYC.

"Kami ingin bahan yang disuntikkan tetap di tempatnya selama beberapa hari untuk dipasang, atau diserap, dan kami ingin setiap tusukan jarum kecil sembuh untuk meminimalkan risiko memar yang meningkat," jelasnya.

5 dari 6 halaman

5. Terbakar sinar matahari

Terbakar sinar matahari dalam jangka panjang tidaklah cukup aman, tetapi tubuh Anda juga membutuhkan paparan sinar matahari dalam jangka pendek. Yang berarti Anda harus melewatkan latihan jika kulit sudah benar- benar merah.

"Dengan sengatan matahari yang ekstrem, ada risiko sengatan panas, sengatan matahari, ketidakseimbangan elektrolit dan manajemen cairan tubuh, dan panas berlebih," ingat Krant.

"Ini harus ditangani dengan istirahat, hidrasi, dan krim yang menenangkan sampai semuanya beres. Saya akan mengatakan menunggu sekitar 48 jam sebelum menilai apakah kulit sudah tenang dan Anda merasa cukup sehat untuk berolahraga."

6. Melakukan latihan intensitas tinggi selama dua hari berturut-turut

Sementara McCall mengatakan Anda dapat berolahraga cukup banyak setiap hari, kuncinya adalah mengubah intensitas latihan Anda —sebagai aturan praktis, setelah satu atau dua hari dengan intensitas tinggi , Anda harus mencampur dalam sesi rendah hingga sedang.

"Jaringan otot perlu waktu untuk diperbaiki," jelasnya.

"Olahraga intensitas tinggi menempatkan tekanan fisik pada jaringan, dan terlalu banyak stres dengan waktu perbaikan minimal dapat menyebabkan cedera jangka panjang," tambahnya.

 

 

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.