Sukses

5 Cara Konsumsi Lidah Buaya untuk Turunkan Berat Badan, Cocok untuk Menu Diet

Enggak hanya untuk kecantikan, ternyata lidah buaya bisa membantu menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sih yang enggak tahu tanaman aloe vera atau lidah buaya. Tanaman yang mudah tumbuh di segala medan tanah ini bisa dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan alami.

Lidah buaya mudah ditemukan dalam  bentuk tanaman utuh maupun yang sudah dikemas menjadi beragam produk kecantikan.

Aloe vera dipercaya bisa membuat kulit lembut, lembab, dan bercahaya. Namun, tahukah Anda bahwa lidah buaya bisa dipakai untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari News18, Selasa (25/1/2022), tanaman ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu proses detoksifikasi dan pembakaran kalori.

Jika Anda ingin mencoba program penurunan badan secara alami, mungkin lidah buaya bisa membantu memaksimalkan usaha tersebut.

Berikut lima cara mengonsumsi lidah buaya untuk menurunkan berat badan, dijamin mudah dan enak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Campurkan lidah buaya dalam jus sayuran

Lidah buaya masuk dalam kategori tanaman serbaguna dapat dijadikan menu minuman kesehatan yang aman, karena memiliki sifat antibakteri.

Bau dan tekstur khas dari lidah buaya membuat tanaman ini tidak menarik apabila dijadikan minuman atau jus sehat. Maka dari itu, Anda dapat mencampurkan lidah buaya dengan beberapa sayuran untuk menghilangkan bau dan meningkatkan rasa.

Campurkan sayur bayam, kale, wortel atau tomat dengan beberapa potong lidah buaya, berikan sedikit perasan lemon dan juga madu, lalu jus penurun berat badan siap diminum.

3 dari 6 halaman

2. Santap lidah buaya sebelum makan berat

Menyantap satu sendok makan lidah buaya sebelum makan, akan membantu sistem pencernaan sekaligus meningkatkan penurunan berat badan. Proses tersebut juga bisa meingkatkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat pembakaran lemak tubuh.

Kandungan vitamin B dalam lidah buaya ternyata mampu mengubah lemak yang ada di dalam tubuh menjadi energi.

Caranya, Anda bisa langsung makan daging lidah buaya yang baru saja dipetik dari kebun rumah, atau bisa juga diolah terlebih dahulu. Kupas lidah buaya, lalu cuci hingga lender menghilang, rebus lidah buaya dengan perasan lemon untuk menghilangkan bau khas pada lidah buaya, lalu potongan lidah buaya siap disantap.

4 dari 6 halaman

3. Diseduh dengan air hangat

Air hangat dianggap sebagai minuman terbaik yang memudahkan pembakaran lemak. Minum satu gelas air hangat saat perut kosong dapat membantu menurunkan berat badan.

Nah, untuk memaksimalkan atau bahkan melipat gandakan proses tersebut, anda bisa mencampurkan beberapa potong lidah buaya ke dalam air hangat yang akan diminum.

5 dari 6 halaman

4. Jus lemon

Selain air hangat, air perasan lemon juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sama halnya dengan air panas, menambahkan lidah buaya dengan air perasan lemon akan meningkatkan manfaat dari kedua bahan tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Lidah buaya dicampur madu

Segala minuman yang dicampur dengan madu sudah pasti enak rasanya. Begitupun dengan lidah buaya, rasa manis madu akan menetralisir bau khas dari lidah buaya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat meminumnya.

Madu dan lidah buaya adalah sumber antioksidan dan juga anti inflamasi, campuran kedua bahan ini dipercaya sebagai minuman penurun berat badan alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.