Sukses

6 Cara Mudah Mengusir Serangga di Rumah Tanpa Bahan Kimia

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rumah yang bersih dan terbebas dari serangga tentu didambakan setiap individu. Kehadiran serangga di rumahmu tentu akan membuatmu kesal, bukan?

Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk mengusir serangga di dalam rumah. Biasanya hal yang paling sering digunakan yakni insektisida atau semprotan pembasmi serangga. Hanya saja, bahan kimia pada semprotan serangga tersebut bisa membuat risiko bagi kesehatan.

Selain menggunakan bahan kimia, Anda bahkan bisa membasmi serangga di rumah dengan bahan alami. Penasaran apa saja bahan alami yang dijamin ampuh membasmi serangga? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Kamis (16/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Mentimun

Para ahli mengatakan bahwa menggunakan mentimun adalah metode yang cukup efektif. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengiris mentimun dan letakkan di tempat-tempat yang Anda perhatikan ada serangga seperti kecoak. 

Bau mentimun akan menjauhkan serangga-serangga. Agar lebih efektif, ganti irisan mentimun dengan yang segar seminggu sekali.  

3 dari 6 halaman

2. Soda kue

Kendalikan semut dan kecoak dengan menggunakan soda kue. Ada bahan aktif yang bekerja melawan jamur tanaman dan embun tepung, dan ketika dimakan serangga, ia melepaskan gelembung karbon dioksida yang membunuh hama. 

Untuk menggunakannya, basahi area sedikit dengan air lalu taburkan sekitar 2 cangkir soda kue di atasnya. Kemudian tunggu selama setengah jam dan tuangkan secangkir cuka di atasnya.

4 dari 6 halaman

3. Kayu manis

Jika Anda memiliki masalah dengan hama, kayu manis menjadi pencegah yang sangat efektif. Gunakan kayu manis di dalam dan di luar rumahmu. 

Sebelumnya, Anda perlu menemukan jalan masuk untuk hama dan meninggalkan bubuk kayu manis di jalan. Itu memang tidak akan membunuh serangga, tapi akan menghentikan mereka masuk ke dalam rumah.

 

5 dari 6 halaman

4. Minyak esensial

Minyak esensial tidak hanya akan membuat rumahmu berbau harum, tapi juga akan menghentikan masuknya hama. 

Anda hanya perlu menggunakan minyak peppermint. Lalu campurkan 10-15 tetes minyak peppermint dengan 250 ml air. Kocok dan semprotkan di sekitar pintu dan jendela.

6 dari 6 halaman

5. Tanaman

Tanaman tidak hanya membuat rumah kita menjadi nyaman, tapi juga memberi kita oksigen dan bahkan melindungi kita dari serangga. 

Ada beberapa tanaman yang efektif untuk membasmi serangga dari rumahmu, di antaranya lavender, kemangi, daun mint, serai, krisan, allium dan tanaman nyamuk.