Sukses

Studi: Hanya 3 Bagian Tubuh yang Perlu Dicuci dengan Sabun Saat Mandi

Menurut seorang dokter, sebenarnya Anda hanya perlu membasuh tiga bagian tubuh dengan sabun.

Liputan6.com, Jakarta Selama beberapa bulan terakhir, Anda telah berulang kali mendengar betapa pentingnya mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus corona. 

Ini mungkin membuat Anda berasumsi bahwa menggosok bagian tubuh Anda secara teratur mungkin merupakan ide yang bagus juga. Namun, belum tentu demikian. 

Pasalnya, mencuci bagian tubuh dengan sabun secara berlebihan justru bisa lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Menurut seorang dokter, sebenarnya Anda hanya perlu membasuh tiga bagian tubuh dengan sabun yaitu ketiak, selangkangan, dan kaki. Sisanya? Cukup bilas sederhana dengan air.

Sandy Skotnicki MD, asisten profesor dermatologi di University of Toronto, baru-baru ini mengatakan kepada The Atlantic bahwa menggosok tubuh Anda dari kepala hingga kaki dengan sabun dan air dapat menyebabkan masalah seperti eksim dan kondisi kulit lainnya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berisiko Menghancurkan Bakteri Baik

Sebaliknya, dia mengatakan untuk hanya fokus pada bagian tertentu, yaitu ketiak, selangkangan, dan kaki Anda. Jika Anda menggosok seluruh tubuh Anda dengan sabun, itu justru berisiko menghancurkan bakteri berguna yang membantu mikrobioma Anda membedakan antara kuman baik dan kuman jahat, kata Robynne Chutkan, MD, pendiri Pusat Pencernaan Wanita di Chevy Chase, Maryland, kepada Health.

Tubuh Anda membutuhkan bakteri tertentu, katanya, dan ketika Anda menghilangkannya dari kulit Anda dengan mencuci dengan sabun, itu menurunkan kekebalan Anda terhadap virus tertentu, sehingga Anda berisiko lebih tinggi sakit.

"Kecuali Anda baru saja menyelesaikan lari di lumpur, satu-satunya tempat yang membutuhkan sabun setiap hari adalah ketiak dan selangkangan Anda," tambah Chutkan. 

3 dari 3 halaman

Hanya 3 Bagian Tubuh

Satu studi 2018 yang diterbitkan di Science Advances bahkan menemukan strain bakteri tertentu yang hidup di kulit subjek uji dikaitkan dengan risiko kanker kulit yang lebih rendah jika dibandingkan dengan subjek yang tidak memiliki bakteri. 

Contoh lain dari mikroba bermanfaat yang berisiko Anda musnahkan dengan terus-menerus menggosok diri Anda dengan sabun. Jadi mengapa Anda harus menggunakan sabun di ketiak, selangkangan, dan kaki Anda? 

Nah, ketiga area tersebut merupakan rumah bagi beberapa kulit paling sensitif di tubuh Anda dan lebih rentan terhadap hal-hal seperti pertumbuhan jamur, rambut tumbuh ke dalam yang dapat menyebabkan infeksi, dan umumnya lebih rentan terhadap perkembangan bakteri jahat dan infeksi yang berpotensi berbahaya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.