Sukses

5 Fakta Hari Sumpah Pemuda yang Penting untuk Diketahui

Berikut ini lima fakta mengenai Hari Sumpah Pemuda yang penting untuk diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Seperti yang kita semua tahu bahwa Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. 

Melalui Sumpah Pemuda bangsa kita terutama para pemuda mengikrarkan diri sebagai sebuah bangsa. Sayangnya, banyak generasi muda saat ini yang tak mengetahui bagaimana sejarah dari Hari Sumpah Pemuda. Padahal semangat juang para pemuda pada masa itu patut dijadikan cerminan diri.

Dikutip dari laman museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id, berikut ini lima fakta Sumpah Pemuda yang penting diketahui para pemuda masa kini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3 Keputusan Kongres

Sumpah pemuda merupakan hasil keputusan kongres pemuda kedua yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia, Jakarta. Isi dari keputusan ini adalah para pemuda berikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia. Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.

3 dari 6 halaman

Nama 'Sumpah Pemuda'

Awalnya hasil rumusan dari kongres ini tidak memiliki nama, beberapa hari kemudian, barulah ikrar tersebut diberi nama ‘Sumpah Pemuda.’

4 dari 6 halaman

Lagu Indonesia Raya Diperdengarkan untuk Pertama Kali

Pada kongres ini Lagu Indonesia Raya diperdengarkan untuk pertama kalinya. Lagu ini dibawakan langsung oleh penciptanya, WR Supratman dengan menggunakan biola. Pada saat itu lagu Indonesia Raya dikumandangkan tanpa syair lantaran Belanda tidak mengizinkan kata ‘merdeka’ untuk diucapkan. 

5 dari 6 halaman

Ditulis oleh Muhammad Yamin dan dibacakan oleh Soegondo

Kongres diadakan di sebuah rumah, di jalan Kramat Raya nomor 106, Jakarta Pusat. Hasil kongres ditulis oleh Muhammad Yamin dan dibacakan oleh Soegondo Djojopoespito, sebagai pimpinan kongres.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Bahasa Belanda

Pada awalnya hasil kongres ditulis menggunakan bahasa Belanda. Namun, Muhammad Yamin kemudian menterjemahkan hasil kongres tersebut ke dalam bahasa Melayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.