Sukses

Cara Mengingatkan Seseorang Untuk Menggunakan Masker di Era Pandemi Covid-19

Selama pandemi covid-19, menggunakan masker sudah menjadi aturan sosial

Liputan6.com, Jakarta - Semenjak wabah pandemi covid-19 yang sudah berlangsung selama 2 tahun terakhir membuat kita semua harus menggunakan masker ketika berada di tempat umum atau saat kita sedang menggunakan transportasi umum. Penggunaan masker sudah menjadi aturan sosial dan wajib untuk dilakukan agar dapat mengurangi penyebaran covid-19. 

Dengan menggunakan masker akan mengurangi kemungkinan terkenanya virus. Bahkan, bila seseorang tidak menggunakan masker ada kemungkinan dia menyebarkan virus corona ke orang lain, dan dia tidak menyadari memiliki virus covid-19 karena dia tidak memiliki gejala. 

Sehingga peraturan penggunaan masker ini wajib dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan melindungi orang disekitarnya. Namun sebagian orang terkadang masih ada yang lupa menggunakan masker atau tidak menggunakannya dengan baik, seperti masker tidak menutup hidung atau bahkan hanya diletakkan di dagu.

Mengingat kondisi tersebut, inilah cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengingatkan seseorang untuk menggunakan masker dengan cara yang benar, dilansir dari inews, Kamis (28/9/21).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Anda harus menegur seseorang untuk memakai masker?

Kita semua pasti menginginkan semua orang untuk menggunakan masker ketika berada di tempat umum. Namun sebelum mengingatkan seseorang untuk menggunakan masker, Anda harus berhati-hati dan tetap menghormati privasi orang lain. 

Bagi sebagian orang mungkin mereka tidak bisa menggunakan masker karena alasan kesehatan. Jika Anda ingin mengingatkan seseorang, Anda dapat mengatakannya dengan baik alih-alih memarahinya. Anda bisa memberi penjelasan bahwa Anda merasa tidak nyaman. 

Selain itu, Anda juga punya pilihan untuk menjauh dan memilih tempat yang lebih sepi dan aman bagi Anda. Mengutip dari inews, akan sangat membantu apabila ada pemberitahuan di tempat umum yang menyatakan bahwa setiap orang wajib menggunakan masker. Dengan adanya pemberitahuan umum, dapat mengingatkan semua orang dalam memakai masker tetapi tidak melanggar privasi siapapun. 

Tetapi jika ada seseorang yang duduk atau berdiri sangat dekat disamping Anda atau sedang berkunjung ke rumah Anda, tentunya dalam kasus seperti ini, Anda berhak dan masuk akan untuk menegur mereka agar tetap memakai masker.

3 dari 3 halaman

Bagaimana cara meminta seseorang untuk memakai masker?

Jika Anda berada di situasi di mana Anda merasa  harus mengatakan pada orang lain untuk menggunakan masker, Anda dapat bertanya terlebih dahulu apa alasan mereka tidak mengenakan masker. Setelah itu Anda dapat menjelaskan secara eksplisit mengapa Anda meminta orang tersebut untuk mengenakan masker. Dengan melakukan hal ini Anda dapat lebih menghormati privasi orang lain namun tetap mengingatkan mereka untuk memakai masker.

Ketika menjelaskan permintaan Anda, jelaskan bahwa Anda meminta mereka mengenakan masker agar dapat melindungi Anda dan anak-anak Anda—jika Anda sedang pergi bersama anak Anda.  Hal ini dapat menjadi efektif. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kampanye yang berfokus untuk melindungi orang lain dapat lebih efektif. 

Namun Anda harus berhati-hati dan tetap menghormati privasi orang lain karena bagi sebagian orang mungkin cenderung akan merasa malu, bersalah, dan disalahkan. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.