Sukses

27 Juli Hari Sungai dan Kondisi Sungai di Indonesia yang 46% Tercemar

Liputan6.com, Jakarta Penasaran berapa jumlah sungai yang dimiliki oleh Indonesia. Jawabnya mengejutkan. Menurut Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan, Indonesia saat ini belum memiliki data jumlah danau dan sungai secara tepat.

Bentang alam Indonesia menyimpan sungai-sungai yang panjang membelah pulau. Terbanyak di Kalimantan. Beberapa sungai itu diantaranya Sungai Kapuas yang mempunyai panjang 1.143 km, Sungai Mahakam yang mempunyai panjang 920 km dan Sungai Barito sepanjang 900 km.

Tentu saja sungai-sungai itu merupakan potensi yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan taraf hidup warganya.

Namun ternyata banyak sungai di Indonesia yang sudah tercemar. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 46 persen sungai di Indonesia dalam keadaan tercemar berat, 32 persen tercemar sedang berat, 14 persen tercemar sedang dan 8 persen tercemar ringan.

Sungai Citarum, merupakan sungai terkotor sejak sepuluh tahun lalu. Para peneliti dan ahli lingkiungan menyatakan banyak limbah yang mencemari sungai ini. Air sungai menjadi warna-warni akibat limbah dari pabrik tekstil yang berada di sekitaran sungai.

Hari Sungai Nasional dimaksudkan untuk menggerakkan kepedulian kita untuk berkolaborasi, bahu membahu menjaga kebersihan dan kelestarian sungai di sekitar kita, bukan sebagai tempat sampah raksasa.

Akankah kita semua bisa mewujudkan sungai-sungai di sekitar kita berubah menjadi sungai yang bersih, bebas sampah dan limbah?

Pemerintah menetapkan tanggal 27 Juli sebagai Hari Sungai Nasional sejak tahun 2011, yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2011 pasal 74.

2 dari 2 halaman

Hari Penting Juli 2021

01 Juli Hari Buah Internasional

01 Juli : Hari Bhayangkara

3 Juli Hari Bebas Kantong Plastik se-Dunia

05 Juli : Hari Bank Indonesia

7 Juli: Hari Pustakawan

11 Juli Hari Populasi se-Dunia

12 Juli : Hari Koperasi Indonesia

17 Juli : Hari Keadilan (Internasional)

22 Juli : Hari Kejaksaan

23 Juli : Hari Anak Nasional

23 Juli: Hari Tanpa Televisi

23 Juli: Hari Waspada Cacing

27 Juli Hari Sungai Nasional

28 Juli: Hari Hepatitis Sedunia

29 Juli : Hari Bhakti TNI Angkatan Udara

29 Juli Hari Harimau se-Dunia