Sukses

3 Juli Hari Bebas Kantong Plastik dan Usaha Kita Menyelamatkan Bumi

Kantong plastik itu dilema.

Liputan6.com, Jakarta Kantong plastik itu dilema. Kehidupan kita cukup tergantung dengan kantong plastik untuk kebutuhan sehari-hari. Namun karena penggunaanya yang berlebihan, kantong plastik  ini akhirnya mengancam bumi dan kehidupan itu sendiri.

Warga +62 sangat gemar memakai kantong plastik dalam kesehariannya.  Data KLHK menyebutkan penggunaan kantong plastik di Indonesia, lebih 1 juta per menit. Artinya dalam setengah hari saja jumlah kantong plastik yang dipakai sebanyak 720 juta kantong plastik.

Fantastis kan?

Kantong-kantong plastik ini tentu saja berakhir di tempat sampah. Jika langsung dibuang begitu saja,  sampah ini akan  sangat susah terurai di tanah. Perlu waktu sekitar 100 tahun sampah plastik untuk bisa terurai secara sempurna.

Indonesia merupakan negara penghasil sampah plastik terbesar kedua setelah Tiongkok.

Karena bahaya sampah plastik tersebut, sudah waktunya kita melakukan diet kantong plastik. Salah satu caranya, jika berbelanja, bawalah kantong sendiri dari rumah. 

Hanya saja kalau belanja online hal ini menimbulkan tantangan baru. Sampai sekarang masih jarang atau bahkan belum ada toko online yang mengirim barang dengan plastik ramah lingkungan.

Yuk kita mulai diet kantong plastik dari diri sendiri dulu, jika semua melakukan, jumlah sampah kantong plastik bisa berkurang, dan harapannya bumi yang kita tinggali tidak akan cepat rusak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Penting Juli

01 Juli Hari Buah Internasional

01 Juli : Hari Bhayangkara

3 Juli Hari Bebas Kantong Plastik se-Dunia

05 Juli : Hari Bank Indonesia

7 Juli: Hari Pustakawan

11 Juli Hari Populasi se-Dunia

12 Juli : Hari Koperasi Indonesia

17 Juli : Hari Keadilan (Internasional)

22 Juli : Hari Kejaksaan

23 Juli : Hari Anak Nasional

23 Juli: Hari Tanpa Televisi

23 Juli: Hari Waspada Cacing  

27 Juli Hari Sungai Nasional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.