Sukses

1 Juli Hari Buah Internasional dan Semangka sebagai Fruit of the Year

Daftar hari penting nasional dan dunia yang kita peringati

Liputan6.com, Jakarta Kita sangat beruntung tinggal di Indonesia yang tropis. Dengan kondisi alam yang demikian, negeri kita menyimpan keanekaragaman jenis tumbuhan tertinggi di dunia. Khusus jenis buah-buahan telah ditemukan sekitar 329 jenis buah-buahan yang terdapat di indonesia.

Sedangkan buah-buahan yang dianggap asli Indonesia sebanyak 266 jenis. Dari ratusan jenis buah tersebut banyak yang telah dibudidayakan maupun masih tumbuh liar di hutan. Hari ini kita bisa dengan mudah menemukan buah-buah segar di segala tempat, bahkan buah yang baru dipetik dari pohon.

Buah sangat penting untuk kesehatan kita. WHO menyarankan, kita sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran untuk hidup sehat ebanyak 400 gram per hari. Rinciannya, sebanyak 250 gram sayur-sayuran dan 150 gram buah-buahan segar.

Namun sebenarnya Hari Buah Sedunia, diawali oleh peristiwa yang nyaris tidak ada hubungannya dengan buah. Hari Buah Sedunia telah diperingati sejak 14 tahun lalu. Hari buah ditetapkan di Mauerpark Berg, Jerman.

Hari Buah sedunia tahun ini menetapkan semangka sebagai Fruit of the Year. Seperti peringatan hari penting lainnya, tahun ini Hari Buah Sedunia mengusung tema "Create Change Together.

Hari Buah Sedunia, selain mengingatkan pentingnya buah untuk kesehatan kita, juga untuk meningkatkan kesadaran orang-orang untuk berbagi buah kepada teman dan kerabat.

Seperti yang dilakuka para lulusan Universitas of Applied Science Alice Solomon di Berlin, saat melakukan pertemuan pada tahun 2007 yang memunculkan inspirasi adanya Hari Buah Sedunia.

Sudah makan buah apa saja hari ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Penting Juli 2021

01 Juli Hari Buah Internasional

01 Juli : Hari Bhayangkara

3 Juli Hari Bebas Kantong Plastik se-Dunia

05 Juli : Hari Bank Indonesia

7 Juli: Hari Pustakawan

11 Juli Hari Populasi se-Dunia

12 Juli : Hari Koperasi Indonesia

17 Juli : Hari Keadilan (Internasional)

22 Juli : Hari Kejaksaan

23 Juli : Hari Anak Nasional

23 Juli: Hari Tanpa Televisi

23 Juli: Hari Waspada Cacing  

27 Juli Hari Sungai Nasional

28 Juli: Hari Hepatitis Sedunia

29 Juli : Hari Bhakti TNI Angkatan Udara

29 Juli Hari Harimau se-Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini