Sukses

Mudah Dibuat dan Bergizi Tinggi, Yuk Cobain Resep Lasagna Terong Ini

Liputan6.com, Jakarta Lasagna biasanya dibuat menggunakan daging, ayam, makanan laut, dan juga sayur-sayuran. Walaupun begitu, jenis pasta yang dipanggang ini jarang menggunakan terong menjadi bahan bakunya.

Lasagna terong ini tidak terlalu berbeda dari pada lasagna umumnya, tetap menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Oleh karena itu, makanan ini membuat anggaran menjadi hemat dengan rasa yang kaya saat dinikmati.

Resep yang mudah ini merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan santapan keluarga atau pun sendiri. Melansir dari Content Edness Cooking, Kamis, (17/6/2021), lasagna terong ini memiliki tekstur yang sangat lembut, dan juga bisa mengenyangkan sehingga bisa memuaskan dari gigitan pertama sampai terakhir.

Sebelum masuk ke dalam resep pembuatan lasagna terong ini, berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang diberikan oleh terong.

2 dari 6 halaman

Manfaat Kesehatan dari Terong

Melansir dari Verywell Fit, dalam satu cangkir terong mentah mengandung 20,5 kalori dan 4,8 gram karbohidrat. Dari kandungan tersebut, sekitar 2,4 gram berasal dari serat dan juga terdapat gula alami sekitar 3 gram.

Untuk lemak, pada terong hampir sepenuhnya bebas lemak. Sedangkan protein dalam terong terkandung kurang dari 1 gram per satu cangkirnya. Terong juga bukan sumber vitamin dan mineral yang signifikan, tetapi terdapat mangan, sejumlah kecil potasium, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, niasin, tembaga, dan magnesium.

Dari beberapa kandungan tersebut, terong bisa memberikan keuntungan untuk kesehatan tulang karena sumber mangannya yang baik. Mangan akan berinteraksi dengan nutrisi lain seperti kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, dengan kandungan berbagai macam fitonutrien dalam jumlah yang cukup tinggi, terong bisa membantu melindungi sel-sel kita dari kerusakan dan juga menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat fitonutrien yang lainnya juga bisa membantu pencernaan lebih sehat karena kandungan seratnya.

Kandungan antosianin yang memberikan warna ungu juga memiliki kekuatan antioksidan yang membantu menangkis penyakit kardiovaskular dan kanker. Tak hanya itu, terong juga bisa membantu pemeliharaan berat badan yang sehat karena makanan berserat bisa menurunkan risiko obesitas.

3 dari 6 halaman

Bahan-Bahan

Seperti yang dikatakan, bahan-bahan yang digunakan dalam lasagna ini cukup sederhana, yaitu:

  • 2 buah terong ukuran besar, potong-potong
  • 1/4 cangkir minyak zaitun
  • 1 potong Keju Parmesan Vegan (3 bahan, 1 menit)
  • 2 potong Keju Ricotta Vegan
  • 2 cangkir saus marinara
  • 5 siung bawang putih
  • 1 cangkir mozzarella Vegan, parut
  • garam, merica secukupnya
  • 3 sdt herba Italia (opsi)
  • 2 sdt bubuk bawang Bombay (opsi)
  • 4 sdt bubuk bawang putih (opsi)
4 dari 6 halaman

Cara Pembuatan

  1. Panaskan lebih dulu hingga 210 °C dan siapkan piring casserole 10x10 cm
  2. Pertama, potong terong irisan tipis
  3. Panaskan minyak zaitun dalam sebuah wajan, dan goreng terong yang sudah dipotong selama 5 menit
  4. Kemudian, bumbui terong dengan garam dan merica secukupnya, lalu sisihkan
  5. Selanjtunya, campurkan marinara dengan bawang putih dan tambahkan sedikit garam dan juga merica
  6. Jika Anda menggunakan bubuk bawang putih, bubuk bawang merah, dan heraba italia yang opsional, campurkan semuanya dengan ricotta vegan
  7. Masukkan lapisan saus marinara di bagian bawah, diikuti dengan terong, ricotta vegan, marinara dan sedikit parmesan vegan, mozzarella vegan
  8. Ulangi lapisan tersebut sampai semua bahan telah digunakan, kemudian untuk lapisan terakhir taruh sedikit marinara dan ricotta, hiasi dengan parmesan dan mozzarella
  9. Panggang selama sekitar 30 menit sampai keju terlihat meleleh dan berwarna keemasan
  10. Biarkan untuk kurang lebih 5 menit sebelum disajikan

Catatan: Pastikan meniriskan dan menghilangkan minyak yang terdapat pada terong

5 dari 6 halaman

Tips

Gunakan dengan tepat garam dan merica dalam jumlahnya, sebab terong adalah sayuran yang tidak memiliki rasa sehingga bumbu sangat penting dalam masakannya. Selain itu, Anda juga bisa menggoreng tepung terong yang akan digunakan, hal itu akan menambahkan rasa dan tekstur.

Bisa juga menambahkan hiasan untuk diletakkan di atasanya agar terlihat lebih cantik, seperti tomat atau yang lainnya.

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: