Sukses

Makan Buah Dua Kali Sehari Bisa Mengurangi Risiko Anda Terkena Diabetes

Ternyata rutin mengonsumsi buah dua kali sehari dapat mengurangi risiko Anda terkena diabetes

Liputan6.com, Jakarta Diabetes tidak ada obatnya, tetapi Anda dapat bekerja untuk mengelola penyakit tersebut. Lebih baik lagi, bagaimanapun, adalah mencegah penyakit itu sepenuhnya, dan perubahan gaya hidup tertentu ternyata membantu Anda menghindari diabetes tipe 2.

Penelitian baru telah menemukan bahwa melakukan sesuatu yang sederhana seperti menambahkan makanan tertentu ke dalam makanan sehari-hari Anda, dapat memangkas risiko diabetes Anda dengan jumlah yang signifikan. Berikut penjelasannya seperti dihimpun dari Bestlifeonline.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makan buah dua kali sehari mengurangi risiko diabetes

Sebuah penelitian yang diterbitkan 2 Juni di Endocrine Society's Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism melihat bagaimana asupan buah dikaitkan dengan risiko diabetes. Para peneliti menganalisis data konsumsi buah lebih dari 7.600 peserta yang termasuk dalam Studi Diabetes, Obesitas dan Gaya Hidup Australia dari Baker Heart and Diabetes Institute.

Menurut penelitian, peserta yang makan buah utuh memiliki risiko 36 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dalam waktu lima tahun dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari setengah porsi buah setiap hari.

 

3 dari 5 halaman

Buah yang dikonsumsi harus buah utuh

Para peneliti untuk penelitian ini menemukan bahwa hanya konsumsi buah utuh yang menurunkan risiko, jadi mengonsumsi buah melalui cara lain mungkin tidak membantu Anda mencegah diabetes.

"Kami tidak melihat pola yang sama untuk jus buah," rekan penulis studi Nicola Bondonno, PhD, seorang peneliti di Institut Penelitian Nutrisi Universitas Edith Cowan di Perth, Australia, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Temuan ini menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup sehat yang mencakup konsumsi buah utuh adalah strategi yang bagus untuk menurunkan risiko diabetes Anda."

 

4 dari 5 halaman

Orang yang makan lebih banyak buah juga memproduksi lebih sedikit insulin

Studi ini juga menemukan bahwa ada hubungan antara asupan buah dan penanda sensitivitas insulin. Insulin adalah hormon yang membantu mengatur gula darah.

Tetapi menurut penelitian, orang yang mengonsumsi lebih banyak buah akan memaksa tubuhnya memproduksi lebih sedikit insulin untuk menurunkan kadar gula darahnya. Baik kadar gula darah tinggi yang terus menerus maupun kadar insulin yang tinggi dapat mengganggu kesehatan seseorang.

 

5 dari 5 halaman

Bahaya gula darah tinggi

Menurut WebMD, gula darah tinggi yang berkelanjutan dapat merusak saraf, pembuluh darah, dan organ.

Tak hanya itu, Bondonno juga menjelaskan bahwa tingginya kadar insulin yang bersirkulasi (hiperinsulinemia) dapat merusak pembuluh darah dan berhubungan tidak hanya dengan diabetes, tetapi juga dengan tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.