Sukses

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Menjadi Ibu Tiri

Menjadi ibu tiri tidak mudah untuk dilakukan. Simak tipsnya berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi melakukan survei terhadap 2.700 peserta mengenai orang tua tiri. Hasilnya sebanyak 18% peserta memiliki orang tua sambung. Ini menandakan bahwa memiliki orang tua tiri bukan sesuatu yang terlihat aneh.

Dalam sebuah film atau cerita fiksi, ibu tiri digambarkan sebagai orang tua yang buruk. Sehingga di kehidupan nyata muncul stigma bahwa ibu tiri adalah sosok yang jahat dan menyeramkan.

Artinya, memiliki ibu tiri adalah sebuah mimpi buruk. Faktanya, tidak semua ibu tiri itu jahat. Ada banyak sosok ibu tiri yang baik hati, dapat diandalkan dan menyayangi anaknya dengan tulus.

Menjadi ibu tiri itu bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan saat menjadi ibu tiri, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (29/5/2021).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sabar

Beradaptasi dengan anak sebagai ibu tiri harus membutuhkan kesabaran. Sebab, keduanya membutuhkan waktu untuk saling mengenal lebih dekat dan menyesuaikan diri dengan orang baru.

Mereka biasanya memiliki kepribadian tertentu yang mirip dengan orang tua kandungnya. Hal inilah yang membuat Anda harus memahaminya, karena kepribadian mereka dengan Anda tidak sama bahkan bertolak belakang.

Meskipun terasa sulit di awal, namun seiring berjalannya waktu hubungan itu akan menjadi lebih dekat.

3 dari 4 halaman

2. Luangkan Waktu Sendiri

Menjadi ibu tiri bukan sebuah hal mudah. Anda mungkin merasa lelah dan stres saat mencoba menjadi ibu tiri yang sempurna. Jika hal itu terjadi, Anda harus meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Tujuannya untuk mengistirahatkan pikiran agar semangat kembali muncul. Anda juga harus menerima kenyataan jika segalanya tidak dapat dikontrol oleh ibu tiri.

4 dari 4 halaman

3. Tidak Mudah Tersinggung

Saat memiliki ibu tiri, anak-anak akan membedakan kedua ibunya dengan sebutan 'ibu kandung' dan 'ibu tiri'. Julukan itu mungkin terdengar menyakitkan untuk Anda. Sebab, usaha Anda untuk menjadi ibu yang sempurna bagi mereka seperti kurang dihargai.

Tetapi, Anda tidak boleh mudah tersinggung kepada mereka. Mungkin itu hanya sebuah julukan tanpa bermaksud untuk menyinggung atau memojokkan ibu tiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.