Sukses

Cegah Keriput dan Penuaan Dini, 5 Makanan Ini Wajib Anda Coba

Beberapa makanan berikut ini dapat menjaga kulit tetap elastis dan awet muda.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi lebih rentan terhadap keriput dan kendur. Keriput akan tetap muncul satu per satu meski Anda berusaha merawatnya dengan menggunakan berbagai produk kecantikan.

Beruntung, Anda dapat memperlambat munculnya keriput dan melawan penuaan dini dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekencangan kulit, produksi kolagen, serta melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa ahli bahkan berpendapat, tanda-tanda penuaan dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan mengonsumi makanan yang tepat serta seimbang.

"Yang terpenting, Anda ingin meminimalkan dan menghindari makanan yang akan membuat Anda cepat tua, seperti gula, produk susu, tepung putih, alkohol, dan makanan dengan gluten yang menyebabkan peradangan," kata Dr. Paul Jarrod Frank, Dermatologis Kosmetik di New York City, dikutip dari Eat This.

Untuk membantu Anda mendapatkan makanan pencegah keriput, berikut merupakan beberapa makanan yang dapat menjaga kulit tetap lembap dan awet muda.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang dapat mencegah penuaan dengan bantuan senyawa yang disebut nicotinamide mononucleotide (NMN). NMN membantu memproduksi senyawa pemicu metabolisme dan mampu mencegah perubahan genetik yang menyebabkan penuaan dini.

Selain bagus untuk menambahkan serat dan protein nabati dalam tubuh, brokoli juga dapat melawan invasi keriput. Pasalnya, sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan antiinflamasi dan antipenuaan yang sangat besar.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Bayam

Makanan yang dapat mencegah keriput selanjutnya adalah bayam. Kandungan antioksidan pada bayam membantu menghancurkan radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat merusak kulit yang bisa menyebabkan penuaan dini dan menjadi penyebab utama munculnya garis halus dan kerutan.

Kandungan vitamin antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan K, dan zat besi serta magnesium pada bayam dapat membantu memperlambat proses penuaan dini dan membuat kulit tampak lebih muda.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Kacang almond

Kacang almond mengandung vitamin E dan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Selain itu, kandungan lemak sehat yang ada pada kacang almond juga dapat menstabilkan kolesterol dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

Kacang almond dipercaya dapat membuat kulit lebih kencang, sehat, dan terluhat awet muda.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan nutrisi esensial yang dapat membantu efek negatif penuaan, seperti vitamin A, C, E, dan K. Karotenoid dalam alpukat sangat baik dalam menjaga tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak kulit, seperti sinar UV dan polusi.

Selain itu, alpukat juga bagus untuk mencegah penuaan dan keriput pada kulit karena penuh dengan lemak sehat pelawan peradangan.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Bluberi

Buah kecil berwarna biru ini mengandung antioksidan yang tinggi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan melawan kerusakan radikal yang dapat merusak kulit. Kandungan vitamin A dan C pada bluberi dapat mencegah hilangnya kolagen yang berfungsi menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.