Sukses

Layangannya Tersangkut di Kabel, Ulah Pemuda Ini Bikin Mati Listrik Sekampung

Ada-ada saja tingkah pemuda bermain layangan yang berujung mati listrik sekampung.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menunjukkan seorang pria membuat kegaduhan warga sekitar karena layangannya tersangkut di kabel listrik menjadi perbincangan viral pengguna TikTok.

Hingga saat ini, layang-layang menjadi permainan tradisional yang masih eksis di kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk memainkan mainan yang terbuat dari kertas ini pun tak sembarangan. Perlu keahlian untuk bisa menerbangkan setinggi mungkin dalam satu kali percobaan. 

Selain itu, arena permainannya juga harus diperhatikan, khususnya hindari dari jangkauan kabel listrik dan jalur penerbangan. Hal itu bisa menyebabkan korsleting dan mengganggu lintasan pesawat. 

Jika abai, Anda mungkin akan mengalami kejadian nahas seperti pemuda ini. Sebuah akun TikTok @keple_2021 menunjukkan bagaimana layangannya yang dimilikinya tersangkut hingga terjadi pemadaman listrik secara massal yang memicu kemarahan warga sekitar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kisahnya

Insiden itu bermula ketika pemuda itu ingin mengikuti kompetisi layang-layang yang dibuat sendiri sesuai dengan yang diinginkan. 

Kerangka layangannya pun dikreasikan secara mandiri menyerupai bentuk Reog Ponorogo. Kemudian, dia mulai beralih menempelkan kertas minyak warna warni secara hati-hati agar tidak berlubang.

3 dari 5 halaman

Uji coba layangan buatannya

Setelah semuanya selesai, pemuda itu menguji coba dan menerbangkan layangan buatannya. Sialnya, cuaca hari itu mendung dan berangin. 

Kejadian tak diinginkan terjadi ketika layangan tersangkut tepat di kabel listrik. Tiba-tiba saja muncul percikan api dan meledak beberapa kali hingga mengeluarkan asap. 

Nahasnya, satu kecamatan terkena imbasnya akibat korsleting listrik karena benang layangan tersebut.

4 dari 5 halaman

Terjadi ledakan beberapa kali

@keple_2021

ada yg senasip? ##fypã‚· ##GoyangAsliIchitan ##JodohnyaPocky ##fypdongggggggg ##fyp

♬ Terpesona sama kamu - iam.moon:)
5 dari 5 halaman

Respons Warganet

Unggahan pemuda uji coba layangan buatannya tuai perhatian warganet. Sebagian dari mereka memperingatkan laki-laki itu karena akan ada makian terhadapnya.

"Kirain endingnya menang dan akhirnya menangis satu kecamatan," tulis akun @Rahmad.

"Keren bang layangannya bisa meledak-ledak," ujar akun @RamaNiGenk. 

"Beban satu kecamatan," balas akun @Eko Saputra.

"Kalau gw di posisi lu ngab, gw pasti kepikiran teros kek merasa bersalah," tambah akun @ferdianysrl.

"Spesifikasi layanganya apa ngab kok bletak-bletak," ungkap @bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.