Sukses

PLN Operasikan Kembali 1.209 Gardu Listrik yang Terdampak Banjir di Kalimantan

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan kondisi kelistrikan di beberapa lokasi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Barat (Kalbar) yang terdampak banjir. Tercatat, 1.571 gardu distribusi yang ada di Kalimantan Selatan dan 34 gardu listrik yang berada di Kalimantan Barat, sehingga total 1.209 gardu telah beroperasi kembali.

Hingga Senin (18/1/2021) pukul 22.00 Wita, sebanyak 1.175 gardu distribusi yang melayani 66.923 pelanggan dari 1.571 gardu distribusi yang melayani 110.657 pelanggan terdampak banjir di Kalimantan Selatan telah beroperasi kembali.

"Guna mempercepat penyaluran listrik ke pelanggan, kami sudah kerahkan sebanyak 245 petugas dan 146 unit armada dengan sebelumnya memastikan keamanan dan keselamatan terlebih dahulu," ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) Sudirman dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

Sudirman melanjutkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan debit air pada wilayah terdampak banjir di Kalsel secara berkala guna memastikan kondisi kelistrikan aman bagi masyarakat.

Adapun, beberapa wilayah yang masih terdampak banjir ialah Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tapin, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Paringin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kalimantan Barat

Di Kalimantan Barat, upaya pemulihan kelistrikan pascabanjir pada beberapa wilayah juga terus PLN lakukan, yakni di Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Landak, dan Kabupaten Sanggau.

"Hingga Senin (18/1/2021) pukul 14.00 WIB, sebanyak 34 dari 52 gardu terdampak banjir sudah kembali beroperasi. Sementara 4.132 dari 7.461 pelanggan terdampak sudah kembali menikmati listrik," ungkap General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat (UIW Kalbar) Ari Dartomo.

Diharapkan, jumlah pemulihan dapat terus meningkat seiring surutnya banjir di Kalsel dan Kalbar, sehingga pelanggan dapat segera menikmati listrik kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.