Sukses

5 Gejala yang Membedakan Sakit Punggung Anda karena Covid-19 atau Bukan

Ada beberapa gejala yang membedakan sakit punggung yang Anda derita karena Covid-19 atau bukan

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak gejala yang dapat mengarah ke kasus Covid-19, namun beberapa Covid gejala lebih banyak dibicarakan daripada yang lain. Gejala yang umum dirasakan penderita seperti batuk, demam, sesak napas, dan kehilangan indra penciuman/perasa.

Meski demikian, tak jarang pasien Covid juga mengeluhkan gejala yang tak biasa, misalnya ruam merah di kulit seperti yang dialami Dewi Perssik dan sakit mata. Baru-baru ini, selebritas Hollywood Ellen DeGeneres mengatakan dia mengalami gejala Covid yang menurutnya tak cukup dibahas: sakit punggung.

Sakit punggung adalah fenomena yang sangat umum. Tapi, ada beberapa tanda yang dapat membantu Anda menentukan apakah yang Anda alami adalah gejala Virus Corona. Berikut tanda-tanda tersebut seperti dilansir dari Bestilifeonline.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anda mengalami gejala Covid umum lainnya

Nyeri punggung bisa menjadi gejala sakit otot akibat virus Corona, kata Leann Poston, MD, seorang dokter berlisensi dan penasihat kesehatan untuk Invigor Medical. Namun, sangat tidak mungkin gejala ini sendiri menjadi tanda bahwa Anda mengidap Covid.

Sebaliknya, Poston mengatakan bahwa seseorang yang terinfeksi juga harus mengalami kehilangan indra perasa dan penciuman, sesak napas, sakit kepala, demam, dan/atau batuk kering.

 

3 dari 6 halaman

2. Anda mengalami nyeri otot lain di seluruh tubuh

Matthew Kohler, MD, spesialis manajemen nyeri dan salah satu pendiri Ospina Medical mengatakan bahwa meskipun nyeri otot adalah gejala Covid yang dilaporkan, ini tak mungkin muncul hanya di satu tempat seperti punggung.

"Sepertinya sakit punggung yang terkait Covid akan muncul dengan rasa sakit yang lebih menyebar ke seluruh tubuh," jelas Kohler.

 

4 dari 6 halaman

3. Terasa menyakitkan saat Anda menarik napas atau batuk

"Jenis sakit punggung yang berbeda seringkali terasa berbeda," kata Poston.

Jika Anda mengalami sakit punggung saat batuk akibat Covid, kemungkinan besar akan terasa sakit dan tajam saat Anda menarik napas dalam-dalam atau batuk.

Rasa sakit punggungnya akan berbeda dari sakit punggung biasa yang dialami orang yang duduk terlalu lama atau berbaring dengan posisi yang salah.

 

5 dari 6 halaman

4. Sakit punggungnya tidak menjalar ke kaki

Menurut Poston, ika yang Anda alami hanyalah sakit punggung, kemungkinan besar itu bukan karena Covid atau pneumonia. Nyeri punggung dapat timbul dari serangkaian penyebab yang tak terkait dengan virus seperti ketegangan otot, ketegangan ligamen, radang sendi, dan trauma.

Henaku Yirenkyi, MD, seorang ahli bedah ortopedi tulang belakang dengan World Spine and Orthopaedics mengatakan bahwa sakit punggung dari kondisi lain ini seringkali menyebabkan radiasi nyeri ke tubuh bawah. Namun, sakit punggung akibat Covid tidak akan menjalar ke kaki.

 

6 dari 6 halaman

5. Anda mengalami batuk kering yang menyakitkan

Satu-satunya gejala umum yang harus diwaspadai untuk menentukan apakah sakit punggung Anda akibat Covid adalah batuk kering. Menurut Paston, sakit punggung yang dialami saat terkena Covid biasanya akibat batuk.

"Batuk bisa menyebabkan nyeri tulang rusuk dan diagfragma, yang sering menjalar ke punggung," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.