Sukses

5 Cara Mengajari Belajar Membaca Bagi Anak TK yang Efektif dan Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang tua tentunya kita harus memberi perhatian mendalam seputar tumbuh kembang si kecil. Apalagi jika anak sudah mulai memasuki usia sekolah di taman kanak-kanak. Belajar membaca merupakan sesuatu yang wajib dilakukan anak guna mengasah keterampilan mereka.

Tapi masalahnya, anak usia balita terkadang akan merasa kesulitan untuk belajar membaca. Mereka butuh metode khusus agar membaca menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Untuk, orang tua pun harus menggunakan cara yang senyaman mungkin agar anak tidak akan merasa bosan untuk belajar membaca.

Memang hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Di sini orang tua harus memahami sifat dan karakter sang anak supaya tahu metode apa yang tepat untuk mengajari membaca bagi si kecil agar lebih optimal. Tentunya ini juga dibutuhkan tahapan yang lama sampai akhirnya ia lancar.

Nah, buat para orang tua yang bingung mungkin metode berikut bisa jadi pilihan untuk mengajari anak membaca. Yuk mari kita simak ulasannya berikut ini.

2 dari 7 halaman

Kenalkan huruf dengan cara yang seru dan menyenangkan

Cara belajar membaca yang pertama ini mungkin bisa dikatakan cukup efektif. Coba mulai ajarkan anak untuk mengenali huruf-huruf A-Z. Buatlah mereka mengenali huruf dasar ini bisa dengan menggunakan kartu gambar huruf yang lucu agar mereka bisa mengingat bentuk huruf dengan baik.

Ingat, dalam mengajari anak belajar membaca tidak perlu dilakukan dengan buru-buru. Mulailah dengan sedikit-sedikit kenalkan huruf, misalnya 5 huruf dalam sehari. Sesekali juga bisa memberikan tes bentuk huruf kepada anak agar mereka bisa lebih cepat mengingatnya. Selain itu, cari lah waktu yang pas agar si anak tidak cepat merasa bosan.

3 dari 7 halaman

Ajarkan anak untuk menghafal suku kata

Cara yang kedua ini merupakan tingkatan selanjutnya dalam belajar membaca bagi sang anak. Setelah menguasai dan mengingat bentuk huruf dengan sempurna, mulailah ajari anak untuk mengenal suku kata. Biarkan anak menghafal suku kata dari konsonan B hingga Z, yang diikuti huruf vokal a,i,u,e,o.

Contoh : ba, bi, bu, be, bo sampai ka, ki, ku, ke, ko. Biarkan anak menghafalnya sehingga akan bisa terbiasa nantinya.

Walaupun si anak nantinya sudah bisa menghafal konsonan suku kata ini, ia belum dikatakan berhasil jika belum bisa membacanya.

4 dari 7 halaman

Mulai ajari anak untuk membaca suku kata yang bervariasi

Setelah menguasai suku kata, tahap selanjutnya adalah mengajari anak untuk membaca suku kata yang bervariasi. Para orang tua bisa mencari beberapa kata yang mudah dengan variasi suku kata agar anak lebih mudah untuk memahaminya.

Mulailah dengan ajarkan benda-benda di sekitar, seperti bo-la, bu-ku, ka-ki, bu-ka, pa-pi, ma-mi dan yang lainnya lagi. Pada tahap ini jangan dulu mengenalkan anak dengan suku kata yang berakhiran huruf mati.

Tujuanya adalah agar mereka menguasai tahap ini terlebih dahulu. Apabila anak masih sulit memahaminya, coba ajari terlebih dahulu sampai terbiasa dan memahami suku katanya.

5 dari 7 halaman

Ajari anak suku kata yang mengandung konsonan mati

Apabila anak sudah bisa menguasai suku kata yang bervariasi, mulai lah ajari huruf yang mengandung konsonan mati. Namun, dalam tahap ini mungkin agak sedikit susah dilakukan sang anak, mulailah untuk mengajarinya pelan-pelan.

Beberapa jenis huruf konsonan yang biasa digunakan dalam kata misalnya adalah “ng” dan “ny”. Mungkin awalnya si kecil akan mengalami kesulitan. Namun jika dilatih terus menerus, kemampuannya akan terus berkembang. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin agar si anak dapat dengan mudah dan terbiasa untuk menyebutnya.

6 dari 7 halaman

Mulai ajari membaca kata utuh

Setelah empat cara diatas, tahap terakhir adalah mengajari anak untuk belajar membaca kata secara utuh. Mulanya, pasti sang anak akan mengeja sebuah kata sebelum bisa disebutkan langsung secara utuh.

Disini Anda harus memperhatikan dan mengarahkan si kecil agar tidak salah mengeja suatu kata. Karena mengeja merupakan cara alami sang anak agar ia bisa membaca kata dengan benar. Setelah si kecil bisa membaca kata dengan lancar, selanjutnya ajarkan dia untuk membaca kalimat yang tidak terlalu panjang.

Nah, itu dia lima metode membaca yang efektif dan juga menyenangkan untuk si kecil. Bagi Anda yang ingin mengetahui metode belajar membaca anak tk bisa lihat berbagai macam videonya di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio sekarang juga untuk mengetahui berbagai informasi menarik lainnya!

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini