Sukses

Ingin Beri Kejutan Pacarnya, Pria Ini Nekat Curi Mobil Polisi

Seorang pria nekat mencuri kendaraan patroli seorang polisi dari Mabes Polsek Seberang Perai Utara, Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk membahagiakan wanita yang dicintainya, seorang pria rela melakukan apapun termasuk hal konyol sekali pun. Belum lama ini, seorang pria nekat mencuri kendaraan patroli seorang polisi dari Mabes Polsek Seberang Perai Utara, Malaysia. 

Beruntung, polisi segera mengendus tindak kriminal dari hilangnya kendaraan mobil Honda Civic pada Sabtu (24/10/2020) dini hari waktu setempat.

Dari penyelidikan yang dilakukan, polisi berhasil menangkap dua bersaudara berusia 28 dan 32 tahun beserta kekasihnya yang melarikan diri dengan kendaraan tersebut. 

“Itu terjadi sangat cepat dan dalam beberapa menit, orang-orang itu keluar dari kompleks polisi, tanpa menimbulkan kecurigaan,” katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jejaknya mulai terendus

Dua saudara laki-laki tersebut berhasil mencuri mobil patroli usai mereka mengaku-ngaku sebagai anggota polisi dari dari divisi sumber daya teknologi informasi. Alhasil, mereka mulai melancarkan aksinya dengan berpura-pura memeriksa kamera dasbor di kendaraan tersebut.

Melansir dari The Star, Selasa (27/10/2020), pengawas (polisi berpangkat sersan) baru menyadari mobil patrolinya hilang setelah setengah jam berlalu saat dua tersangka tidak kembali dan memutuskan kontak bahwa kendaraan telah dicuri setengah jam kemudian saat tersangka tidak kembali ke distrik dan tidak bisa dihubungi.

Berangkat dari kecurigaannya, kendaraan itu berhasil ditemukan beberapa jam kemudian di Shah Alam, Selangor. Dan dua tersangka pria beserta seorang wanita berusia 20 tahun yang diduga pacarnya langsung ditangkap polisi. 

3 dari 3 halaman

Motif pencuriannya

Setelah ditangkap, adik dari tersangka pertama ditahan di Tasek Gelugor.

"Penyelidikan menemukan bahwa tersangka awalnya menjemput pacarnya di Tasek Gelugor, dan diyakini pasangan itu berusaha merampok toko bahan makanan sebelum mengemudi ke Shah Alam," katanya kepada Bernama Today.

Dia pun turut menambahkan bahwa tindakannya itu untuk memberi kejutan untuk pacar yang dicintainya. Investigasi polisi juga menemukan bahwa tersangka utama telah ditangkap pada 15 Oktober karena mencuri kabel listrik dan kedua saudara kandung memiliki catatan kriminal, termasuk dakwaan narkoba.

Menurut sumber tersebut, saudara kandungnya adalah pecandu narkoba dan investigasi juga mengungkapkan bahwa tersangka utama yang melarikan diri dengan mobil patroli itu memiliki masalah kesehatan mental.

Atas keterangan yang diberikan, Kapolsek SPU ACP Noorzainy Mohd Noor membenarkan insiden tersebut dan saat ini tengah menyelidiki berdasarkan Pasal 379A dan 170 KUHP. 

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.