Sukses

Kisah Dokter Lansia, 60 Tahun Bersepeda Keliling Pelosok Desa Beri Pengobatan Gratis

Seorang dokter berumur 87 tahun masih berusaha untuk merawat dan memberi pengobatan pasiennya di desa-desa terpencil secara gratis.

Liputan6.com, India - Di masa pandemi Corona Covid-19, masyarakat diminta sementara waktu untuk berdiam diri di rumah demi mencegah penyebaran virus Corona, apalagi bagi para lanjut usia atau lansia.

Namun, hal tersebut tak berlaku bagi seorang dokter berumur 87 tahun di distrik Chandrapur Maharashtra, India. Meski di tengah pandemi, Dr Ramchandra Danekar masih berusaha untuk merawat dan memberi pengobatan pasiennya di desa-desa terpencil secara gratis.

Melansir dari India Times, Minggu (25/10/2020), dia bahkan rela menempuh perjalanan setidaknya 10 km setiap hari, dan itu juga tanpa alas kaki. Dia biasanya berkeliling ke desa di Mul, Pombhurna dan Balharshah selama 60 tahun terakhir. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisahnya Menarik Perhatian Publik

Kisah dokter pamrih ini pun menarik perhatian publik, khususnya para pengguna jejaring sosial setelah diunggah akun Twitter Asian News Internasional (ANI). Hingga kini, unggahan tersebut bahkan telah mendapat lebih dari 10 ribu suka.

Dalam unggahannya, @ANI menunjukkan beberapa potret perjalanan dr Danekar yang menggunakan sepeda untuk menemui pasien-pasiennya. 

“Seorang dokter homoeopati berumur 87 tahun di distrik Chandrapur melawan pandemic #Covid-19 untuk mengobati penduduk desa. Dia melakukan perjalanan 10 km tanpa alas kaki dengan sepedanya setiap hari untuk memberikan perawatan medis dari pintu ke pintu bagi orang miskin. Dia telah mengunjungi pasien dengan sepedanya selama 60 tahun terakhir,” keterangan dalam unggahan @ANI. 

 

 

3 dari 4 halaman

Tak hanya mementingkan diri sendiri

Kepada ANI, dr Danekar mengatakan bahwa dirinya lebih mementingkan kebutuhan masyarakat daripada dirinya sendiri.

“Selama 60 tahun terakhir, saya telah mengunjungi penduduk desa hampir setiap hari. Karena takut akan #Covid-19, banyak dokter takut merawat pasien miskin, tapi saya tidak takut. Saat ini, dokter muda hanya mengejar uang, mereka tidak ingin melayani orang miskin,” kata Danekar.

 

4 dari 4 halaman

Pandemi tidak menghalanginya membantu masyarakat yang membutuhkan

Pandemi Corona yang hingga kini masih menyelimuti masyarakat India tidak menghalanginya keluar dari rumahnya untuk membantu mereka yang membutuhkan.

“Rutinitas saya sama seperti dulu. Saya ingin terus memberikan pelayanan tanpa pamrih kepada masyarakat miskin di desa,” ujar Danekar seperti dikutip PTI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.