Sukses

Tanpa Disadari, Anjing Ternyata Suka Membohongi Tuannya

Pemilik anjing tak sadar kalau mereka terkadang dibohongi oleh hewan peliharaan mereka sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Hewan berkaki empat ini sangat cerdas dan kreatif. Tidak heran jika banyak orang yang tak keberatan mengadopsi anjing. Selain bisa diandalkan, anjing juga mampu menjaga rumah majikanya dan membantu pekerjaan tuannya. Anjing juga dapat memahami apa yang dimaksud dan apa yang diinginkan majikannya.

Menurut penelitian para ahli, memelihara anjing dilakukan kebanyakan orang untuk membantu memandu orang buta, membereskan rumah, mengawal majikan dan masih banyak lagi. Anjing layak mendapat penghargaan karena kecerdasanya yang bermanfaat bagi banyak orang.

Menurut informasi yang telah dilansir dari BrightSide para ahli telah melakukan penelitian tentang bagaimana kita harus belajar memahami sifat anjing peliharaan. Membohongi majikan demi mendapat apa yang mereka inginkan adalah hal yang sering dilakukan hewan ini.

Bagaimana kita dapat mengetahuinya? Berikut penjelasannya

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anjing Lebih Cerdas dari yang Kita Pikir

Dalam terbitannya Animal Cognition, telah dilakukan penelitian terhadap 27 jenis anjing yang berbeda ras dan usia yakni dari usia sekitar dari 1,5 tahun sampai 14 tahun. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengamati bagaimana si anjing mampu membohongi majikannya dan hasilnya benar, anjing bisa berbohong untuk mendapatkan apa yang mereka suka.

Jadi terkadang kita sebagai majikan tidak mengambil pusing dan tidak mencurigai anjing sebegitu dalam saat sedang bersama mereka. Pada kenyataanya memang terkadang kita tak menyadari hal konyol yang mereka lakukan. Jadi kita harus pahami dulu bahwa anjing lebih pintar dari yang kita tahu dan pikirkan.

3 dari 4 halaman

Anjing Juga Tahu Bagaimana Caral Menipu Majikan

Hewan anjing bisa memilih makanan favorit mereka tanpa mereka lihat. Jika Anda memberikan pilihan dengan tiga pilihan yang berbeda menggunakan sebuah kotak yang diisi sosis, biskuit anjing, dan terakhir kotak kosong. Pastinya mereka justru memerintahkan Anda untuk menunjukkan kotak mana yang berisi makanan favorit mereka. Dengan luluh dan kagum, setiap majikan pasti akan memberikan kotak yang berisi makanan favorit peliharan mereka tersebut.

Selain itu, anjing juga tahu mana majikan yang mereka dan mana yang bukan. Walaupun secara mata ditutup untuk memilih tiga kotak yang diujikan tadi. Jika anjing tidak berhasil memerintahkan majikannya dan tidak mendapatkan makanan favoritnya maka ia akan segera kembali ke majikan aslinya. Anjing juga akan langsung menunjukkan sikap tidak suka dengan orang tersebut.

Kesimpulanya adalah anjing akan berbohong jika itu menguntungkan bagi mereka dan hal itu akan dilakukan mereka kepada majikanya sendiri yang telah mengenal baik tentang mereka.

4 dari 4 halaman

Anjing Itu Setia dan Tidak Egois

Jangan karena penelitian ini yang mengatakan anjing itu dapat berbohong jadi membuat Anda tidak memercayai mereka lagi. Nyatanya mereka berbohong hanya untuk mendapatkan yang mereka suka.

Selebihnya, anjing adalah hewan yang terjamin kesetiaanya terhadap majikan. Mereka sangat manis dan dapat dipercaya, bahkan anjing akan melakukan apa saja untuk menjaga tuannya. Mereka setia menunggu majikannya pulang di depan pintu. Mereka juga membantu tanpa pamrih.

Penelitian ini sangat bermanfaat bagi Anda supaya tidak salah dalam memberikan hadiah atau apapun kepada anjing peliharaan.

Penulis : 

Ayu Ester Simanjuntak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini