Sukses

Kamu Wajib Tahu, Arti dari Singkatan yang Sering Digunakan Sehari-hari

Apa kalian sudah tahu arti dari singkatan-singkatan ini?

Liputan6.com, Jakarta - Ada begitu banyak singkatan yang kita gunakan setiap hari. Namun, tak sedikit yang belum mengetahui makna sebenarnya. Bahkan tak sedikit yang salah paham dengan mengira beberapa singkatan adalah sebuah kata. Nampaknya singkatan-singkatan tersebut memiliki kepanjangan yang penting untuk diketahui.

Berikut deretan singkatan yang kerap kita gunakan sehari-hari dan patut diketahui maknanya.

1. WC

Sebagian besar orang tentu tahu kegunaan WC, namun bukan berarti mereka tahu apa kepanjangannya. WC nyatanya merupakan singkatan dari water closet, yang memiliki arti tempat khusus untuk buang air besar.

2. BH

Meski kerap digunakan setiap hari, tak banyak wanita yang tahu apa kepanjangan dari BH itu sendiri. BH merupakan singkatan dari buste hpunder yang merupakan bahasa Belanda dengan memiliki arti penyangga payudara.

3. NB

Kamu mungkin sering melihat tulisan NB di akhir sebuah catatan. Namun, apa kamu tahu maknanya? NB merupakan singkatan dari nota bene yang berarti tambahan pada akhir surat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. VIP

Jika berada di sebuah acara, kamu mungkin pernah melihat ruangan bertuliskan VIP. VIP merupakan singkatan dari very important person, yang artinya hanya untuk orang penting atau hanya untuk kalangan pejabat.

5. Robot

Tak sedikit orang yang mengira bahwa robot merupakan sebuah kata. Nyatanya, robot adalah singkatan dari residents official board of technology, yang memiliki arti teknologi mesin bergerak yang dapat diperintah.

6. OK

Banyak dari kita yang menggunakan kata 'ok' setiap kali bercakap dengan lawan bicara. Tapi mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu kepanjangan dari kata tersebut. 'Ok' merupakan singkatan dari oll korrect.

Awalnya, pada tahun 1830-an, di Amerika sedang booming bahasa plesetan. Ini membuat kata all correct kerap ditulis menjadi oll korrect dan disingkat menjadi ok.

 

3 dari 3 halaman

7. HVS

Mendengar HVS tentu kamu akan teringat dengar kertas 'HVS'. Mungkin banyak yang belum tahu, HVS merupakan singkatan dari bahasa Belanda hout vrij schrift yang artinya kertas untuk buku tulis.

8. NN

Banyak orang salah sangka dengan mengira bahwa NN adalah singkatan dari 'no name' atau 'anonim'. Padahal, nyatanya NN merupakan singkatan dari bahasa latin 'nomen nescio' yang berarti tanpa menyebutkan nama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini