Sukses

Tak Selalu Buruk, 5 Hal Positif Ini Akan Kamu Dapatkan dari Sebuah Kegagalan

Tidak muluk kesedihan, kamu akan mendapatkan hal ini saat merasakan kegagalan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia selalu dihadapkan dengan berbagai tantangan yang berbeda-beda. Biasanya, kita selalu tidak punya pilihan lain untuk melewati tantangan tersebut selain menghadapinya dengan mental yang siap. Namun, yang kerap terjadi adalah tantangan tersebut seringkali membuat kita gagal dan merasa terpuruk, setelah terpuruk kita menjadi seseorang yang menyalahkan diri sendiri dan berakhir dengan kesedihan yang berlarut-larut.

Tidak perlu khawatir, kegagalan bukan berarti semuanya berakhir dan duniamu berhenti. Dalam kegagalan, selalu ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan daripada bersedih terlalu lama. Yang perlu kamu ketahui adalah, selama kita masih hidup di bumi kegagalan akan selalu menjadi bagian dari perjalanan hidup kita. Kegagalan akan selalu membuat kita belajar bahwa tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan.

Yang terpenting dalam hidup bukanlah seberapa banyak kamu meraih keberhasilan tetapi, seberapa banyak kamu dapat menghargai proses hingga kegagalan dan keberhasilan dapat kamu rasakan keduanya. Jika hari ini kamu masih merasakan kegagalan, tidak perlu takut karena masih ada hari esok yang bisa kamu gunakan untuk merubah kegagalan tersebut menjadi sebuah keberhasilan.

Berikut hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan dari kegagalan yang kamu alami:

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kamu Bisa Lebih Rendah Hati

Hal pertama yang bisa kamu dapatkan dari kegagalan adalah kamu bisa lebih rendah hati. Berawal dari kegagalan, kamu dapat lebih menghargai banyak hal termasuk nasihat orang lain. Kamu lebih banyak berpikir bahwa kesuksesan yang suatu saat nanti kamu dapatkan juga tidak lepas dari bantuan orang lain.

Yang seharusnya kamu tahu adalah Tuhan Yang Maha Esa seringkali mengirimkan beberapa orang untuk membantumu bertahan di masa-masa sulit.

3 dari 6 halaman

2. Kamu Semakin Dewasa

Beberapa orang yang mengalami kegagalan seringkali akan bertumbuh semakin dewasa di dalam sikap, perilaku serta cara berpikirnya. Nah, sekarang kamu percaya kan bahwa kegagalan bukan hanya mendatangkan hal-hal yang membuatmu sedih, tetapi kegagalan juga bisa membuatmu semakin dewasa.

Dewasa tidak pernah ditentukan dari umur kamu loh, tetapi dewasa dapat ditentukan dari perubahan sikap, perilaku dan cara berpikirmu. Tidak masalah jika kamu merasa kecewa saat gagal, tidak boleh terlalu lama merasa kekecewaan karena waktu terus berjalan dan kamu juga harus siap untuk kembali bangkit dan memulainya lagi.

4 dari 6 halaman

3. Kamu Semakin Kreatif

Untuk hal ketiga yang akan kamu dapatkan adalah kamu akan semakin kreatif. Biasanya, untuk seseorang yang mengalami kegagalan akan selalu memicu seseorang untuk berpikir lebih banyak agar keberhasilan tersebut dapat dicapai dengan cara yang belum dicoba oleh orang lain. Itulah sebabnya banyak dari seseorang yang gagal menemukan inovasi-inovasi baru yang akan membuat orang lain berdecak kagum.

 

5 dari 6 halaman

4. Belajar Memotivasi Diri Sendiri

Kegagalan yang kamu rasakan juga bisa membuatmu lebih mandiri dan memotivasi dirimu sendiri. Terkadang memang orang lain akan sangat sulit untuk mengerti kondisimu dan apa saja yang kamu alami. Itu sebabnya, memotivasi diri sendiri dapat kamu lakukan setelah kamu mengalami kegagalan.

 

6 dari 6 halaman

5. Memahami Ada Hal yang Tidak Bisa Kamu Kendalikan

Untuk hal terakhir yang akan kamu dapatkan dari kegagalan adalah kamu akan menyadari bahwa akan selalu ada hal yang tidak bisa kamu kendalikan. Akan selalu ada hal yang terjadi tidak sesuai dengan kehendak dan ekspetasimu.

Kamu harus percaya di balik semua perasaan-perasaan sedih dan kecewa saat mendapatkan kegagalan, akan selalu ada hal baik yang akan datang kemudian dalam hidupmu.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.