Sukses

Mahir 7 Bahasa Asing Secara Otodidak, Anggota TNI Mendadak Viral

Kopda Hardius Rusman mendadak viral karena kemampuannya menguasai 7 bahasa asing secara otodidak

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anggota TNI berpangkat Kopral Dua-Kopda Hardius Rusman mendadak menjadi perbincangan viral karena kemampuannya yang menguasai 7 bahasa asing.

Kemampuan Anggota Kodim 0111/Bireuen ini pun membuat kagum banyak publik. Tidak disangka, Hardius hanya mempelajari 7 bahasa asing melalui media sosial, seperti Facebook, Whatsapp dan beberapa media sosial lainnya.

Ke-7 bahasa asing yang ia kuasai terdiri dari bahasa Jerman, Prancis, Portugis, Belanda, Spanyol, Inggris dan Itali.

Saat diwawancarai di salah satu acara stasiun televisi swasta, Hardius mengatakan bahwa ia sudah mempelajari bahasa asing sejak duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Belajar Bahasa Asing

Ia pun mengatakan alasannya mempelajari bahasa asing agar dirinya lebih mengetahui dunia, budaya asing, serta makanan asing.

Berkat kemampuannya tersebut, ia juga sempat dipercaya sebagai pemandu untuk mendampingi istri dan keluarga atase militer dari 22 negara yang berkunjung ke Aceh pada 6 Agustus 2019.

3 dari 3 halaman

Masih Ingin Mempelajari Satu Bahasa Lagi

Bahasa asing pertama yang ia pelajari adalah bahasa inggris. Ia mempelajari bahasa Inggris sejak SMA. itupun dipelajari secara otodidak.

Meski telah menguasai banyak bahasa, tapi ia masih ingin mempelajari satu bahasa lagi, yakni bahasa Arab.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.