Sukses

Enggak Perlu Galau, 4 Cara Ampuh Melupakan Mantan Pacar dengan Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, move on dari masa lalu adalah proses yang cukup menyulitkan, tidak jarang juga ada beberapa orang yang terjebak dengan masa lalunya hingga bertahun-tahun.

Dalam kehidupan percintaan, menjadi hal yang wajar saat dua insan tidak lagi cocok satu sama lain. Ketika kamu jatuh cinta dan membangun sebuah hubungan percintaan, maka rasa bahagia sekaligus rasa kekecewaan akan setia mengikuti kemanapun.

Terlepas dari itu, begitulah nikmatnya perjalanan cinta yang kerap kali kita rasakan. Manis-pahit, susah-senang, sedih-gembira, semua adalah warna dalam percintaan.

Namun, berakhirnya suatu hubungan bukanlah akhir dari percintaanmu. Justru berakhirnya suatu hubungan adalah awal dari kehidupan percintaanmu. Kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk membuatmu kembali menemukan cinta sejatimu tanpa berlarut-larut menangisinya.

2 dari 6 halaman

1. Belajar Mencintai Diri Sendiri

Ini cara awal yang harus kamu lakukan. Dengan kamu belajar mencintai diri sendiri maka putus cinta tidak akan membuat duniamu hancur berantakan.

Dengan mencintai diri sendiri, kamu juga akan belajar bahwa kamu akan bahagia dengan caramu sendiri dan tidak perlu menggantungkan bahagiamu pada orang lain apalagi pada si dia yang hanya mampir dalam hidupmu.

Lakukan kesenangan yang membuat dirimu terhibur dan tertawa lepas, cara awal ini sangat berpengaruh dalam kelangsungan move on yang sedang kamu jalani jika dilakukan dengan baik dan kemauan dari dalam diri sendiri. Intinya niat ya.

3 dari 6 halaman

2. Melakukan Hal yang Menyenangkan

Cara yang kedua ini dijamin akan membuatmu merasa senang jika dilakukan. Cara ini bisa kamu coba dengan melakukan hal-hal menyenangkan seperti, mendearkan lagu yang memberikan semangat, lalu kamu juga bisa makan bersama keluarga, liburan atau hangout dengan teman-temanmu.

Jika kamu melakukannya dengan baik, dapat dipastikan si dia bukanlah pusat utamamu lagi, sebab kebahagiaan kamu jauh lebih penting dibandingkan memikirkannya berlarut-larut.

4 dari 6 halaman

3. Berpikir Logis

Kebanyakan orang berpikir bahwa setelah putus akan “Bagaimana caranya aku menghilangkan perasaan yang masih ada?” atau “Bagaimanakah cara aku melupakannya?” “Bagaimanakah hidupku tanpanya?” “Bagaimana dengan kenangan yang sudah ku buat bersamanya selama beberapa tahun ini?” 

Pada tahap awal sangat diwajarkan apabila kamu mengalami patah hati, karena sudah tidak bisa bersama dengannya. Pemikiran-pemikiran tersebut pernah terlintas dalam benakmu dan yang terjadi kamu akan semakin jatuh dalam pahitnya patah hati dan sulit untuk memulihkan hatimu kembali.

Cara yang ketiga ini tepat banget untuk kamu. Kamu harus bisa berpikir secara logis jika suatu hubungan berakhir, bukan berarti hidupmu harus berakhir juga.

Kamu harus bisa menanamkan pada pikiranmu bahwa jika hal itu benar, maka sejauh apapun yang sudah pergi pasti suatu saat cinta akan menemukan jalan untuk kembali.

Jadi, belajar berpikir logis saat putus cinta adalah hal yang tidak kalah penting yang harus kamu lakukan.

5 dari 6 halaman

4. Belajar Mengikhlaskan dan Menerima

Saat kamu putus cinta pasti ada kekesalan di dalam hati yang membuatmu tidak bisa merima kenyataan yang ada, kamu tidak bisa menerima seseorang yang kamu cintai pergi begitu saja.

Itu memang sangat wajar. Tapi akan sangat tidak wajar jika kamu tidak bisa menerima dan mengikhlaskan sesuatu dalam kurun waktu yang sangat panjang. Saat kamu tidak bisa belajar untuk tersenyum dan menerima lalu mengikhlaskan, maka sekeras apapun kamu berusaha untuk move on kamu tidak akan pernah berhasil.

Kenapa demikian? Karena di hatimu belum bisa melepaskan seseorang tersebut sepenuhnya, kamu masih mengikatnya dalam hatimu. Tanpa kamu sadari hal itulah yang membuatmu gagal untuk melangkah.

Empat cara ini jika kamu lakukan dengan kemauan pasti akan berhasil. Senyum dan sambutlah bahagiamu, berikan yang terbaik untuk dirimu sendiri dan jangan menghabiskan waktumu untuk terus terpenjara dalam masa lalu. Kamu berharga dan kamu patut untuk bahagia. 

Penulis :

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Sederet Alasan Utama Pria Tiba-Tiba Menjauh
Artikel Selanjutnya
Panjang Umur hingga Tampak Muda, Ini 5 Manfaat Jatuh Cinta