Sukses

Bukan untuk Bersihkan Telinga, Ini 6 Kegunaan Sebenarnya Korek Kuping

Meski dikenal untuk membersihkan telinga, berikut kegunaan cotton bud. Dua di antaranya pembersih dan parfum portabel.

Liputan6.com, Jakarta - Cotton bud atau korek kuping dikenal untuk membersihkan telinga, meski hal itu juga bisa berbahaya. Selain membersihkan telinga, Anda juga bisa menggunakannya untuk hal lain.

Ada beberapa kegunaan dari benda yang disebut cotton bud, cotton swab, atau kapas itu. Benda kecil yang ringkas itu bermanfaat bagi keseharian.

Seperti melansir dari eHow, Jumat (30/8/2019), berikut beberapa kegunaan lain korek kuping.

1. Merapikan lipstik

Jika Anda pengguna pewarna bibir, tips ini bisa Anda coba. Cotton bud bisa membantu Anda merapikan lipstik Anda.

Caranya, rapikan tepi bibir dengan cotton bud hingga seperti bentuk bibir yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Parfum portabel

Jika Anda bepergian menggunakan pesawat atau pergi ke beberapa tempat, Anda mungkin tidak bisa membawa parfum dalam botol. Namun, Anda bisa mengakalinya. Salah satunya menggunakan korek kuping.

Caranya, semprot atau celupkan kedua sisi kapas dengan parfum atau minyak esensial kesukaanmu. Lalu simpan dalam plastik atau tempat yang mudah dibawa. Ketika ingin digunakan, oleskan ke bagian tangan, leher, atau bagian lainnya.

3 dari 6 halaman

3. Mengatasi ritsleting macet

Tanpa terduga, ritsleting tas, dompet, atau jaket bisa macet dan sulit dibuka. Memaksanya bisa malah membuat ritsleting rusak. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan cotton bud dan pelembab bibir.

Caranya, olesi kapas dengan pelembab bibir, losion, atau bahan serupa. Gosokkan kapas yang telah dilumasi ke bagian ritsleting yang macet. Lakukan beberapa kali hingga cukup terlumasi, lalu tarik ritsleting secara perlahan.

4 dari 6 halaman

4. Merapikan kuteks

Bagi Anda yang melakukan manikur dan pedikur sendiri, tips ini bisa Anda coba. Itu misalnya ketika Anda menggunakan kuteks, terkadang hasilnya tidak rapi. Untuk mengatasinya bisa menggunakan cotton bud. Apalagi untuk bagian-bagian detil.

Caranya, celupkan cotton bud ke dalam cairan pemberih kuteks (aseton). Oleskan ke bagian yang ingin dirapikan atau dibersihkan.

5 dari 6 halaman

5. Eyeshadow portable

Ketika Anda keluar dan perlu touch up eyeshadow sewaktu-waktu, tapi tidak ingin membawa palet eyeshadow, tips ini mungkin bisa bermanfaat. Anda bisa membuat eyeshadow yang lebih ringkas dibawa. Konsepnya mirip dengan parfum portabel.

Caranya, oleskan warna yang Anda butuhkan ke cotton bud dan simpan di plastik. Aplikasikan ketika dibutuhkan.

6 dari 6 halaman

6. Membersihkan sela keyboard

Sela-sela keyboard atau papan tik laptop atau komputer bisa sulit dilakukan. Salah satu solusinya bisa menggunakan cotton bud.

Caranya, cukup bersihkan cotton bud ke bagian sela-sela papan tik hingga debu dan kotoran terangkat. Anda juga bisa mencelupkan cotton bud ke air terlebih dahulu, tapi perlu hati-hati agar air tidak masuk ke dalam papan tik.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.