Sukses

Berwisata ke Perbatasan, Pria Ini Bagikan Pengalaman Kejedot di Rumah Dua Negara

Liputan6.com, Jakarta - Pergi ke negara berbeda hanya melalui pintu. Itu mungkin terjadi, jika tinggal di perbatasan negara. Apalagi jika berada di suatu rumah yang ada di dua negara. Kejedot di perbatasan pun bisa.

Itu yang dialami pemilik akun Twitter @ipanketapang. "Sejarah baru: “kejedot di perbatasan negara”" cuitnya disertai video dirinya.

Unggahan Selasa (20/8/2019) itu pun mencuri perhatian warganet. Hingga Rabu (21/8/2019), cuitannya telah mendapat lebih dari 11,9 ribu retweet dan 15,7 ribu likes.

Meski sakit karena terbentur, beberapa warganet malah menganggapnya lucu. Segelintir warganet pun tidak percaya unggahannya itu. Namun, kejadian dan tempat itu bukan rekayasa.

2 dari 6 halaman

Rumah beda negara

Rumah beda negara itu terletak di Desa Aji Kuning, Kabupaten Nunukan, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara. Sebagian rumahnya berada di Malaysia. Rumah unik itu disebut Rumah Perbatasan Patok 3.

Sebelumnya, rumah itu milik Warga Negara Indonesia bernama Mangapara. Bagian depan rumahnya yang meliputi ruang tamu dan kamar termasuk wilayah Indonesia. Bagian belakang rumahnya meliputi dapur dan toilet termasuk wilayah Malaysia.

Kini, rumah itu dijadikan tempat wisata. Meski dijadikan tujuan wisata, menurut Irfan, tempat itu gratis untuk dikunjungi.

Di bagian depan rumah tampak dicat merah putih. Di sisi lain rumah itu, tampak bendera Malaysia. Perbatasannya ditandai dengan penunjuk bertuliskan Indonesia dan Malaysia.

3 dari 6 halaman

Bengong di perbatasan negara

Di bagian perbatasan itu lah video @ipanketapang kejedot diambil. "Iya itu di pas perbatasannya, tempat gue kejedot," kata Irfan ketika dihubungi Liputan6.com, Rabu (21/8/2019).

Lucu-lucuan Irfan juga berlanjut. Dirinya berpose "bengong di perbatasan".

4 dari 6 halaman

Ojek lintas negara

Selain kejedot di perbatasan negara, Irfan juga membagikan pengalaman unik lainnya di perbatasan: naik ojek dari Indonesia ke Malaysia.

Dalam video yang diunggahnya tampak Irfan naik motor dan meminta diantarkan ke Malaysia. Lelaki itu pun melewati jalanan dan perbatasan melewati ojek yang ditumpanginya.

"Wah ini gerbang negara kayak gerbang komplek," celetuk Irfan dalam video itu.  Irfan pun menyatakan dirinya naik ojek di Desa Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat dengan harga Rp100 ribu.

5 dari 6 halaman

Bikin ngakak dan penasaran

Unggahan pengalamannya di perbatasan itu mencuri perhatian warganet. Banyak warganet yang ngakak karena cuitannya.

Selain lucu, unggahannya pun mengundang rasa penasaran warganet soal rumah itu. Beberapanya juga mmebagikan khayalannya jika tinggal di rumah perbatasan itu. Berikut beberapa komentarnya.

"Apasih gue pagi2 bacanya jadi ngakak gini woi duh wkwkwlwkwkwlwk" - @nabilanjali

"Kejedot di Malaysia, sakitnya di Indo, ini kaya disakitinnya sama dia, giliran sedih baliknya ke kita :')" - @bintanggemilau

"Pengen coba tidur di tengah pintu itu, tidur di 2 negara" - @AdtyIqbl

"Itu kalo mau ke ruangan sebelah harus pake passpor dulu gak si?" - @whoss_care

"Bayar listriknya kemana woy" - @Tukangcirengsd

"Ini kalo yg punya rumah lg hamil terus tiba-tiba mau lahiran tinggal pilih mau di Indo apa Malay :)" - @viaazrviazr

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tragedi Kabut Asap
Loading