Sukses

Berdasarkan Penelitian, Punya Teman di Kantor Bikin Lebih Bahagia dan Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kerja daripada di rumah. Jadi wajar jika individu cenderung membangun hubungan yang baik dengan rekan kerjanya.

Di luar hubungan profesional, kamu tentu perlu memiliki teman kerja yang juga bisa mendengarkan masalah pribadimu. Jika tidak, tempat kerja akan menjadi lingkungan yang membosankan, bukan?

Menurut sebuah studi yang dilakukan Gallup, sebuah perusahaan global yang berspesialisasi dalam sumber daya manusia, memiliki setidaknya satu teman di tempat kerja bisa membuatmu lebih bahagia dan lebih produktif.

Berikut beberapa kelebihan memiliki teman di kantor, seperti melansir Bright Side, Jumat (16/8/2019).

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

1. Semangat Bekerja

Menurut penelitian ini, memiliki teman di tempat kerja dapat mendorongmu untuk semangat bekerja karena kamu menghabiskan waktu bersama orang yang kamu suka.

Itu juga yang membuatmu tujuh kali lebih besar terlibat dalam proyek-proyek perusahaan, baik dalam ide. Tentu itu akan meningkatkan kinerjamu.

Studi ini juga menunjukkan bahwa 50% karyawan yang bekerja bersama seorang teman bisa membangun ikatan khusus dengan perusahaan, dibandingkan dengan 10% dari mereka yang hanya memiliki hubungan profesional.

3 dari 5 halaman

2. Bekerja dengan Nyaman

Gaji, peluang untuk tumbuh dalam perusahaan, tunjangan seperti asuransi kesehatan adalah beberapa faktor utama yang dipertimbangkan individu ketika mencari pekerjaan.

Namun menurut penelitian, dua pertiga wanita mengakui bahwa aspek sosial juga merupakan "alasan penting" untuk mengambil pekerjaan.

Budaya dalam suatu perusahaan memang sangat mendasar, tapi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sehat, seseorang perlu memiliki teman dekat di tempat kerja.

 

4 dari 5 halaman

3. Membuat Bisnis Makin Tumbuh

Menjaga persahabatan di tempat kerja dapat menghasilkan keuntungan hingga 12% lebih banyak, karena karyawan merasakan koneksi yang lebih besar dengan anggota tim mereka.

Ini berarti bahwa mereka lebih bersedia mengambil risiko yang dapat mengarah pada inovasi.

Selain itu, karena kepercayaan yang mereka miliki satu sama lain, atasan cenderung menilai kinerja mereka, bahwa tim dan perusahaan secara umum akan membuat bisnis lebih tumbuh.

 

5 dari 5 halaman

4. Sedikit Peluang Kecelakaan Kerja

Bagi pria dan wanita, memiliki sahabat di kantor membuat kinerja mereka lebih baik. Menurut penelitian, 6 dari 10 perusahaan yang karyawannya memiliki hubungan pribadi dan profesional mengalami 36% lebih sedikit kecelakaan kerja.

Itu terjadi karena individu yang miliki hubungan lebih kuat dengan rekan-rekan kerjanya akan lebih positif dan menguntungkan kantor.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tanda Dia Ingin Lebih dari Sekadar Teman
Artikel Selanjutnya
Malas Makan Sendirian, Restoran Ini Tawarkan Layanan Unik Bagi Pelanggan Single