Sukses

Ramai di Twitter, Portfolio Day Jadi Ajang Pamer dan Promosi Pekerja Kreatif

Liputan6.com, Jakarta Bagi pekerja kreatif, portofolio merupakan salah satu hal penting. Karya seniman, fotografer, penulis, designer dapat dilihat dari portofolio yang mereka kumpulkan.

Portofolio dapat menjadi pertimbangan bagi calon klien yang akan menggunakan jasa pekerja kreatif. HRD perusahaan atau klien pun tak jarang melakukan review portofolio.

Dengan perkembangan zaman, website dan media sosial dapat menjadi tempat menyimpan portofolio loh. Kamu juga bisa mempromosikan portofolio kamu di media sosial. Salah satu promosi portofolio yang dilakukan warganet yaitu melalui portfolio day (#Portfolioday)

2 dari 5 halaman

Apa Itu #Portfolioday

#Portfolioday bertengger di trending topic dunia di twitter pada Rabu, (10/7). Namun, hashtag ini dapat menghiasi twitter dalam beberapa hari. Jadi sebenarnya apa dan kapan Portfolio day itu?

Akun twitter @AudreyGonzalez menyebarkan soal apa itu Portfolio day. Dimulai sejak 9 Oktober 2018, Portfolio day merupakan acara 3 bulanan untuk mengunggah portofolio di twitter. Portfolio day dilangsungkan 9 Oktober 2018, 8 Januari 2019, 9 April 2019, 9 Juli 2019, dan 9 Oktober 2019.

3 dari 5 halaman

Ajang Pamer Karya dan Promosi Seniman

#Portfolioday ramai di media sosial twitter dunia sejak Selasa, (9/7). Dalam hashtag itu, pekerja kreatif khususnya seniman dan designer mengunggah karya mereka sebagai portofolio.

Tak hanya mengunggah karya, mereka pun menyertakan tautan dan kontak mereka. Hal ini dapat menjadi sarana promosi mereka untuk mendapatkan pekerjaan juga loh.

Ini beberapa contoh portofolio yang warganet unggah.

4 dari 5 halaman

Manfaatnya bukan hanya untuk seniman

*Manfaatnya bukan hanya untuk senimanMeski hanya tagar di twitter, hal ini bisa bermanfaat juga loh. Bukan hanya untuk seniman, tapi untuk calon klien dan warganet umum.

Portofolio yang diunggah seniman di twitter beserta kontaknya dapat membuat calon klien atau HRD perusahaan mencari tipe seni yang cocok loh.

Warganet pun dapat menikmati karya seni mereka serta menjadikan referensi ide jika ingin belajar ha yang serupa. Lumayan untuk penyegaran media sosial.

Kalau kamu, apakah tertarik berpartisipasi di #Portfolioday?

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading